Untirta Kukuhkan 3 Guru Besar Fakultas Teknik

Serang, (24/05/2021) – Universitas Sultan Ageng Tirtayasa memiliki tiga orang guru besar baru dari Fakultas Teknik yakni  Prof. Dr. Eng. Ali Alhamidi, ST.,MT (bidang teknik ilmu material), Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan,ST.,MT (bidang teknik ilmu industri), dan Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST.,MT (bidang ilmu teknik kimia). Hal ini dipastikan setelah ketiganya dikukuhkan oleh ketua Majelis Guru Besar Untirta Prof. Dr. H. Sholeh Hidayat, M.Pd pada senin (24/05) bertempat di Auditorium Untirta kampus sindangsari. Acara pengukuhan Guru Besar tersebut menggunakan protokol kesehatan yang ketat dan dilakukan secara hybrid (daring dan luring) sehingga keamanan dan kenyamanan tamu undangan dapat dipertanggungjawabkan. Selain pihak internal Untirta, turut hadir pula saat pengukuhan yaitu para pejabat daerah, tokoh masyarakat, mitra untirta, para akademisi, pengusaha, mahasiswa, ditambah Undangan Khusus Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria,SP.,M.Si serta tidak ketinggalan keluarga besar dari masing masing guru besar yang dikukuhkan.

Prof Dr. Eng. Ali Alhamidi, ST.,MT, mendapat giliran pertama dalam memberikan pidato atau orasinya yang berjudul Perilaku Material Logam Hasil Proses Severe Plastic Deformation (SPD) dan aplikasinya. Prof Ali yang merupakan guru besar Untirta dengan nomor urut 12 ini mengatakan  SPD merupakan perkakas untuk meningkatkan  sifat mekanik sekaligus memiliki potensi yang baik untuk meningkatkan / menciptakan sifat fungsional. Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan, ST., MT, mendapat kesempatan berorasi setelah Prof Ali dengan judul  Model Six Sigma Untuk Meningkatkan Kinerja Lean Dalam Supply Chain di Pelabuhan sedangkan diakhir Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, MT berorasi dengan judul Desain Simbiosis Industri Dalam Suatu Kawasan Industri Menuju ECO-Industrial Park.

Baca Juga :  Kompetisi Sobat Bumi 2020 Pertamina – FMIPA UI Masuki Babak Seleksi Tingkat Nasional

Dr. H. Agus Sjafari wakil rektor bidang akademik mewakili rektor Untirta menyampaikan sambutannya. Ia mengungkapkan bahwa Untirta telah memiliki 17 Guru Besar.”Perlu kami laporkan bahwa Prof. Dr. Eng. Ali Alhamidi, ST.,MT adalah guru besar yang ke 12, Prof. Dr. Ing. Asep Ridwan,ST.,MT adalah guru besar yang ke 13, dan Prof. Dr. Ir. H. Fatah Sulaiman, ST adalah guru besar yang ke-14 di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.”katanya. Dr . Agus dalam sambutannya juga berharap ketiga guru besar yang dikukuhkan akan menjadi ilmuwan yang lebih produktif dalam berkarya dan berkontribusi positif bagi masyarakat luas bangsa dan Negara serta dunia akademik.

Senada dengan Dr. Agus, Prof. Dr. Arif Satria, SP.,M.Si yang didapuk sebagai tamu kehormatan selain mengucapkan selamat kepada ketiga guru besar, ia pula menyampaikan bahwa jabatan guru besar/professor bukanlah akhir dari perjalanan akademik. “Guru besar atau Profesor merupakan pembelajar sejati. Pembelajar sejati adalah orang orang yang tahu bahwa dia tahu yang tahu wilayah wilayah yang dia tahu, dan tahu wilayah wilayah yang dia tidak tahu. Oleh karena itu pembelajar sejati adalah orang orangyang terus belajar dan belajar memiliki mental belajar dan memiliki sifat humble.”ucapnya. Diakhir sambutan Prof. Arif yang juga ketua Forum Rektor Indonesia menekankan seorang professor harus menjadi penggerak perubahan yang memiliki daya transformasi untuk perubahan kearah yang lebih baik. (RDB)

Baca Juga :  Kolaborasi ITS - PT BGR, Kembangkan Bahan Bakar Alternatif di Indonesia
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
528 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x