Unpad Gelar Festival Kampus Merdeka 2.0, Kenalkan Berbagai Program

Universitas Padjadjaran menggelar Festival Kampus Merdeka 2.0 yang dilaksanakan secara daring, Selasa (27/7) hingga Jumat (30/7). Acara ini mengenalkan berbagai kegiatan Program Kampus Merdeka di Unpad sekaligus sebagai upaya meningkatkan kolaborasi dengan mitra institusi.

“Pelaksanaan Festival Kampus Merdeka 2.0 ini adalah suatu upaya Unpad untuk lebih memperkenalkan bagaimana Kampus Merdeka ini dijalankan,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita.

Selain itu, melalui acara tersebut juga dijelaskan kolaborasi dan sinergi antarprodi dan sejumlah mitra dalam menjalankan program Kampus Medeka.

Tahun ini, pelaksanaan Festival Kampus Merdeka 2.0 tidak hanya mengikutsertakan program studi di lingkungan Unpad, tetapi juga program studi di universitas mitra. Acara ini juga diisi dengan presentasi sejumlah instansi yang menjadi mitra dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka di Unpad.

Baca Juga :  Mahasiswa Geofisika Unpad Kembangkan 5 Software untuk Pengindraan Jauh dan Pengukur Fisis Batuan

Prof. Arief menjelaskan, pelaksanaan Program Kampus Merdeka di Unpad telah diikuti oleh 3.123 mahasiswa yang tersebar dari 45 program studi, yang mengikutsertakan sejumlah perguruan tinggi negeri. Melalui Program Kampus Merdeka pula, Unpad membentuk konsorsium dengan sejumlah perguruan tinggi swasta.

Program ini juga telah mengikutsertakan 123 mitra industri untuk berkolaborasi dengan Unpad. Sebanyak 61 mahasiswa Unpad mengikuti program pertukaran pelajar ke luar negeri melalui program IISMA.

Cetak SDM Unggul

Acara Festival Kampus Merdeka 2.0 dibuka secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti. Dalam sambutannya, Rektor berharap acara ini dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan tinggi.

“Mudah-mudahan acara ini bisa menjadikan kita semakin paham dan berkomitmen untuk menjalankan praktik baik dari substansi Kampus Merdeka,” harap Rektor.

Rektor mengatakan, Unpad terus berkomitmen mencetak lulusan menjadi sumber daya manusia unggul Indonesia. Diharapkan, lulusan unpad dapat berkontribusi dalam pencapaian Indonesia Emas 2045.

Baca Juga :  Uni Eropa Perkuat Kolaborasi dengan Universitas di Indonesia

Untuk itu, melalui program Kampus Merdeka, diharapkan mahasiswa dapat semakin mudah untuk mengembangkan pengetahuan sesuai dengan minatnya. Mahasiswa juga harus dapat mengembangkan keterampilannya, baik secara teknis maupun keterampilan lain yang bermanfaat untuk kehidupannya di masa depan.

“Sebagai SDM unggul, mereka harus punya motivasi, sikap, perilaku, etik, dan orientasi kerja untuk mendukung pencapaian cita-cita para mahasiswa dan lulusan kita,” imbuh Rektor.

Pada pelaksanaan Festival Kampus Merdeka tahun ini, selain diisi paparan dari para Kaprodi, juga mendatangkan sejumlah pembicara dari berbagai instansi. Para pembicara memaparkan sejumlah kegiatan dalam Program Kampus Merdeka, seperti studi independen, magang industri, kewirausahaan, pertukaran pelajar, magang riset, kampus mengajar, membangun desa, dan proyek kemanusiaan.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
277 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x