UKM Kesda Undiksha di PKB XLIII, Pentaskan Karya Berbasis Kearifan Lokal Buleleng

Tari Kreasi “Nirlaya”

Denpasar – Unit Kegiatan Mahasiswa Kesenian Daerah (UKM-Kesda) Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mendapat kesempatan untuk tampil dalam gelaran Pesta Kesenian Bali (PKB) XLIII Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual. Sementara, untuk proses perekaman tetap dilaksanakan di Panggung terbuka Ardha Candra Gedung Art Center, Denpasar, Kamis malam (27/5/2021). UKM Kesda Undiksha menampilkan Gong Kebyar Dewasa “Tabuh Kutus Ler Bukit”, Tari Kreasi bebarisan “Mancer Ing Jagat” dan Tari Kreasi Kekebyaran “Nirlaya”.

Tabuh Kutus Ler Bukit, berarti tabuh dari utara bukit, dimana Kabupaten Buleleng yang lebih dikenal dengan  Den Bukit berada di utara bukit yang membentang di Bali. Tabuh ini dimaksudkan untuk menggelorakan kembali kekhasan budaya Buleleng yang berkarakter menciptakan suasana alam budaya, gaya hidup, dialek, seni kebyar, dan kekhasan kuliner. Tabuh ini ditata mengikuti pola dan uger-uger pagongan tabuh klasik dengan mengelaborasi seni kekebyaran yang tampak dalam setiap bagian kompoisisinya sehingga tampak baru dan memperkaya khazanah tabuh lelambatan Bali.

Tari Kreasi Bebarisan “Mancer Ing Jagat” terinspirasi dari tari Baris Dapdap di Desa Pedawa, Kabupaten Buleleng. Intisari tari ini adalah memberikan suatu gemerlap cahaya kesucian dalam suatu proses pembersihan bhuana agung dan bhuana alit dalam proses menuju keseimbangan dunia, keharmonisan dan kesejahteraan dengan konsep wana kerti.

Baca Juga :  Lawan Hoaks Covid-19 Japelidi Kampanye dalam 42 Bahasa Daerah

Sementara, Tari Kreasi “Nirlaya” yang bermakna bebas dan kuat. Tari ini diambil dari kisah Dewa Ayu Mas Melanting. Dalam keputusannya, ia melakukan pembebasan dari perputaran sang kala, penuaan, serta kematian dan mencapai moksa di bukit pemuteran yang sekarang dikenal sebagai Pura Melanting di Kecamatan Gerokgak, Buleleng.

Pementasan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Rektor Undiksha, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Hubungan Masyarakat dan Alumni, Ka. Biro AKPK dan Ka. Biro UK.

Rektor Undiksha, Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., menyampaikan apresiasinya kepada Gubernur Bali yang telah memberikan ruang berkreativitas di masa Pandemi Covid-19 ini dan memberikan kepercayaan kepada UKM Kesda Undiksha untuk turut tampil. “Saya sampaikan apresiasi saya pada gubenur Bali, dalam kegiatan pesta kesenian Bali ini ada suatu inovasi dan kreativitas yang luar biasa. Dengan ini menjadikan agar PKB ini adalah milik Bali. Dan terima kasih pula, Undiksha sudah dilibatkan dengan kegiatan PKB Tahun 2021 ini”, ungkapnya di sela-sela kegiatan.

Jampel juga mengungkapkan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah menunjukkan kualitasnya dalam pementasan sekalipun Undiksha bukan institusi khusus bidang seni. “Dan saya sangat kagum dengan adik-adik mahasiswa. Walaupun kita bukan dari pendidikan seni, tetapi mahasiswa mampu menampilkan pementasan yang ngelangenin hati. Oleh karena itulah saya sarankan juga melalui Kadis Kebudayaan Provinsi Bali, barangkali nanti ke depannya  Undiksha bisa diikutsertakan lagi. Serta, pementasannya tidak terpusat di Denpasar saja, tetapi juga di Kabupaten,” imbuhnya.

Link Tabuh Kutus Ler Bukit: https://youtu.be/6Giw_zhE7S4

Link Tari Kreasi “Mancer Ing Jagat”: https://youtu.be/gZEqp9m1kt8

Baca Juga :  24 Mahasiswa IIB Darmajaya Belajar di Perguruan Tinggi Luar Negeri Satu Semester

Link Tari Kreasi “Nirlaya”: https://youtu.be/TOWtBq2yJXk

Selain bidang seni, Undiksha juga mendorong mahasiswa untuk bisa mengembangkan minat dan bakat pada bidang lainnya, serta mampu ikut serta dalam kompetisi, baik nasional dan internasional. Dari kompetisi tersebut diharapkan dapat menorehkan prestasi yang mampu meningkatkan daya saing universitas maupun mahasiswa. (hms)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
250 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x