Uji Kompetensi di Universitas Bengkulu: Mempersiapkan Lulusan Unggul Menuju Dunia Kerja

Universitas Bengkulu (UNIB) telah sukses menyelenggarakan kegiatan uji kompetensi dengan jumlah peserta yang mengikuti sebanyak 244 peserta, dimana peserta yang terdiri mahasiswa dan dosen. Latar belakang para peserta dari beberapa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknik, dan Fakultas Hukum pada 20-23 Februari 2024. Kegiatan ini merupakan langkah nyata UNIB dalam mempersiapkan lulusan yang unggul dan kompeten di dunia kerja, sekaligus mendapatkan sertifikat kompetensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
Uji kompetensi ini berfokus pada tiga skema sertifikasi: Kewirausahaan IV, Digital Marketing, dan Content Creator. Skema-skema ini dipilih dengan mempertimbangkan kebutuhan dunia kerja saat ini dan visi UNIB untuk menjadi Universitas Unggul di Tahun 2025.


Antusiasme para peserta sangat tinggi, terlihat dari partisipasi aktif mereka dalam pelatihan online dan luring, serta penyelesaian portofolio yang menjadi bagian dari penilaian. Rektor UNIB, Dr. Retno Agustina Ekaputri, M.Sc., optimis bahwa lulusan UNIB dengan keterampilan dan sertifikat kompetensi BNSP ini akan mampu bersaing di dunia kerja global.
“Uji kompetensi ini merupakan salah satu upaya UNIB untuk meningkatkan kualitas lulusan, mencapai target capaian Indikator Kerja Utama (IKU) Universitas, dan membekali para lulusan dengan sertifikat kompetensi yang diakui secara nasional,” ujar Dr. Retno.

Baca Juga :  Dukung MBKM, ITS Unjuk Prestasi dalam Anugerah Diktiristek 2021

Sinergi UNIB dengan LPPWK dan Dosen
Uji kompetensi ini terlaksana atas kerjasama UNIB dengan Lembaga Pendidikan Pelatihan Wirausaha dan Ketenagakerjaan (LPPWK). Ketua LSP UNIB, Mukti Dono Wilopo, S.Pi, M.Si., menjelaskan bahwa kolaborasi ini bertujuan untuk menjawab tantangan dunia kerja yang menuntut keselarasan dengan dunia pendidikan tinggi.


“Standar kompetensi kerja menjadi kebutuhan lulusan Perguruan Tinggi saat ini,” kata Mukti. “Oleh karena itu, UNIB terus berinovasi dan bersinergi dengan berbagai pihak, termasuk dosen, untuk memastikan lulusannya memiliki kompetensi yang dibutuhkan dunia kerja.”


Upaya Berkelanjutan untuk Mempersiapkan Lulusan Unggul
UNIB berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas lulusannya melalui berbagai program dan kegiatan, termasuk uji kompetensi ini. Uji kompetensi akan diadakan secara berkelanjutan dengan skema yang lebih spesifik dan berfokus pada kebutuhan industri.
Selain uji kompetensi, UNIB juga menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk lembaga pelatihan dan industri, untuk memastikan kurikulum pendidikannya relevan dengan kebutuhan dunia kerja. UNIB juga terus berupaya mengembangkan program-program pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dosen, sehingga mereka dapat memberikan pengajaran yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan dunia kerja kepada mahasiswanya.

Baca Juga :  Program Kampus Merdeka, Mahasiswa Unpad Tambah Pengalaman Jadi Relawan Vaksinasi

Dengan berbagai upaya tersebut, UNIB diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang unggul, kompeten, dan siap bersaing di dunia kerja yang penuh dengan tantangan. Lulusan UNIB tidak hanya dibekali dengan pengetahuan akademis yang kuat, tetapi juga dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan oleh dunia kerja saat ini. Ditambah lagi, sertifikat kompetensi BNSP yang mereka dapatkan akan menjadi bukti nyata bahwa mereka memiliki kompetensi yang diakui secara nasional.

Peserta Diklat Digital Marketing dan Content Creator



Peserta Uji Kompetensi Digital Marketing Bersama asesor BNSP
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
966 Views