UI-PT Dow Indonesia Berikan Penghargaan Champion Plaswas Untuk Pengelolaan Sampah Plastik di UI

Universitas Indonesia (UI) bekerja sama dengan PT Dow Chemical Indonesia dan Kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan, serta Pemerintah Kota Depok, menggelar acara puncak dari serangkaian kegiatan edukasi pengolahan sampah plastik yang telah dilakukan selama Januari-Maret 2021 di lingkungan UI.

Dalam acara puncak yang dilaksanakan secara daring (31/3), UI dan Dow mengumumkan para pemenang dari rangkaian lomba yang telah dilakukan sebelumnya, serta memberikan penghargaan bagi internal UI yang dinilai telah memberikan komitmennya bagi pengolahan sampah plastik di UI.

Rektor UI Prof. Ari Kuncoro, S.E, M.A, Ph.D mengatakan, “Kegiatan ini menjadi kesempatan UI untuk mengedukasi dan meningkatan kesadaran UI dan masyarakat untuk bijak menggunakan plastik.” Prof. Ari berharap jajaran pimpinan, sivitas akademik UI, dan seluruh lapisan masyarakat dapat berkomitmen tinggi terhadap pengelolaan sampah plastik dan mengedepankan pelestarian lingkungan hidup.

Prof. Dra. Fatma Lestari, M.Si., Ph.D sebagai ketua pelaksana mengatakan bahwa terkait pandemi, kegiatan ini mengalami perubahan konsep dari bentuk luring, menjadi daring. “Rangkaian kegiatan edukasi ini diadakan dalam empat bentuk, yaitu webinar manajemen plastik, community project, lomba 4R (Reduce, Reuse, Recycle, and Replace), dan Champion Plaswas. Khusus untuk Champion Plaswas, penghargaan akan diberikan dalam tiga kategori bagi pihak-pihak internal UI yang dianggap menjalankan kegiatan manajemen sampah dengan baik,” ujarnya.

Dr. Toto Pranoto selaku Direktur Kerja Sama UI mengatakan bahwa UI berkomitmen penuh dalam menjaga dan mendukung kelestarian lingkungan hidup melalui berbagai upaya, diantaranya adalah pemilahan sampah dan pengurangan sampah plastik di berbagai fakultas di UI, kerja sama dengan Bank Sampah Pemerintah Kota Depok, serta kerja sama dengan pihak industri dalam melakukan pemanfaatan sampah plastik multi layer dan single layer sebagai bahan baku pembuatan aspal.

Baca Juga :  Bupati Cianjur Terima Bantuan Kepedulian Covid-19

Business Development PT Dow Indonesia, Donny C Ariefianto mengatakan bahwa kerja sama UI dengan PT Dow adalah salah satu bentuk kerja sama circular economy initiative, yakni sebuah pola ekonomi yang berusaha mendayagunakan limbah industri menjadi produk tepat guna. “Kami melihat bahwa kerja sama ini merupakan langkah awal yang baik dalam menggerakkan ekonomi sirkular untuk Indonesia yang lebih baik. Kami melihat bahwa plastik bukanlah masalah utama, tapi yang menjadi masalah utamanya adalah perilaku dan infrastruktur dari pengelola sampah itu sendiri,” ujar Donny.

Bentuk rangkaian kegiatan edukasi dimulai dengan penyelenggaraan kegiatan seminar daring pada 20 Maret 2021 yang memberikan berbagai perspektif terkait masalah sampah plastik di Indonesia. Selain itu, digelar kompetisi community project yang diikuti oleh 53 peserta yang dibagi kedalam 5 kelompok yang bertujuan untuk mempromosikan pengelolaan sampah kepada masyarakat di sekitar Depok.

Lomba 4R dilakukan dalam bentuk kompetisi e-poster, e-booklet, dan video pendek terkait tata kelola limbah plastik. Penghargaan juga diberikan bagi peserta yang mendapatkan komen dan likes terbanyak di media sosial. Total peserta yang mengikuti lomba ini adalah 42 peserta yang berasal dari dalam dan luar UI.

Baca Juga :  FHUI Sosialisasikan UU Perlindungan Anak dan UU Kesehatan di Sekolah Masjid Terminal Depok

Penghargaan bagi internal UI diberikan dalam kategori Champion Plaswas, yaitu penghargaan yang diberikan bagi fakultas yang dianggap mengedepankan kreativitas dan komitmen dalam melakukan kegiatan manajemen sampah plastik. Penghargaan ini diberikan dalam tiga kategori, yaitu Silver, Gold, dan Platinum.

Dalam kategori Silver, penghargaan diperoleh Fakultas Hukum (Pemenang 1), Fakultas Kedokteran Gigi (Pemenang 2), dan Program Pendidikan Vokasi (Pemenang 3). Kategori Gold diraih oleh Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Psikologi. Untuk kategori Platinum, yang mendapatkan penghargaan sebagai juara pertama adalah Fakultas Teknik, diikuti oleh Fakultas Ilmu Keperawatan, dan Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Pemberian sertifikat penghargaan dilakukan secara daring oleh Haruki Agustina, Direktur Pemulihan Kontaminasi dan Tanggap Darurat Limbah B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Ia menyampaikan harapan bahwa penghargaan ini dapat membuat masyarakat lebih termotivasi dalam melakukan pengelolaan sampah plastik secara lebih bijak.

Tujuan besar dari rangkaian kegiatan yang terlaksana dari Januari-Maret ini adalah memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar UI tentang cara mengelola sampah plastik dan mendayagunakannya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi. Turut hadir dalam kegiatan ini beberapa Dekan/Direktur dari 17 fakultas/Sekolah/Program Vokasi di UI.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
225 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x