Tim Voir FEB UI Menang di Kompetisi National Winner L’Oreal Brandstorm 2021

Tim Voir Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB), Universitas Indonesia (UI), yang terdiri dari Michael Abraham Hukom, Muhammad Hanif Permana, dan M. Alif Rizkia (mahasiswa S1 program studi manajemen angkatan 2018) berhasil menyabet gelar National Winner dalam Ajang L’Oreal Brandstorm 2021. Kompetisi ini diikuti 1600 partisipan dari 68 universitas di Indonesia. Kompetisi ini juga dilaksanakan di lebih dari 65 negara. Tim yang berhasil meraih gelar National Winner, akan menjadi perwakilan L’Oreal dari Indonesia untuk mengikuti kompetisi global yang akan dilaksanakan di Paris, Perancis.

L’Oreal Brandstorm tahun 2021 mengusung tema “Invent the Beauty Shopping Experience Through Entertainment”. Tim Voir FEB UI sebagai pemenang di tingkat nasional berhasil menciptakan dua ide inovatif pengalaman baru berbelanja produk kecantikan. Pertama adalah aplikasi interaktif “Voir” yang memungkinkan pelanggan yang memiliki gangguan penglihatan untuk mengaplikasikan make-up sendiri dengan bantuan sesama pelanggan lain yang terhubung melalui video call dalam aplikasi. Ide tim Voir yang kedua adalah toko ritel dari merek “Urban Decay” yang meningkatkan sensasi pengalaman belanja make-up menjadi satu full entertainment dengan mengombinasikan sensasi indera pendengar, penciuman, dan peraba. Data yang diperoleh untuk mewujudkan aplikasi ini berasal dari riset dan analisis komprehensif terkait gangguan visual dan asosiasi warna, baik dari riset institusi, karya sains, dan survei independen.

L’Oreal Brandstorm 2021 merupakan lomba inovasi bisnis secara tahunan oleh L’Oreal, perusahaan kosmetik terbesar di dunia. Beberapa syarat untuk mengikuti kompetisi ini ialah setiap tim harus terdiri dari tiga mahasiswa aktif di perguruan tinggi Indonesia, tim mendaftarkan diri melalui laman L’Oreal Brandstorm, dan setiap tim diminta memilih salah satu ide inovasi diantaranya inovasi barang dan jasa, inovasi model bisnis baru, atau entertainment experience yang baru.

Baca Juga :  Akademisi UI Adakan Pelatihan Rekayasa Perilaku Untuk Ubah Kebiasaan Buang Sampah di Ciliwung

Tim Voir dibimbing oleh Elevita Yuliati, S.E., M.S.M., dosen Departemen Manajemen FEB UI. Elevita mengatakan bahwa dirinya sudah menjadi mentor L’Oreal Brandstorm sejak tahun 2015. Ia mendampingi dan menjadi mentor tim Descartes FEB UI yang terpilih sebagai pemenang nasional dari kompetisi L’Oréal Brandstorm Indonesia 2015. Elevita juga menjadi mentor tim Prahara FEB UI yang menjadi juara nasional dan melaju ke putaran final di Paris untuk mewakili Indonesia pada tahun 2017. Pada 2020, ia masih dipercaya mendampingi Grey Team FEB UI yang menjadi National Runner-Up. Tahun ini L’oreal Indonesia menghubungi dirinya saat tim Voir berhasil masuk putaran final untuk membimbing proses sesi konsultasi dan latihan presentasi.

“Semua tim yang pernah saya bimbing sangat luar biasa, tetapi ide dari tim Voir yang inklusif dan berkesan di hati memungkinkan orang-orang yang visually impaired untuk turut merasakan fun dan power dari make-up. Selamat kepada tim Voir atas prestasi yang diperoleh. You guys truly deserve this. Perjuangan kalian baru dimulai dan semoga nantinya bisa menang di Perancis. Terima kasih juga untuk para dosen Departemen Manajemen FEB UI atas doa dan dukungan yang luar biasa. Selanjutnya, pada kompetisi Brandstorm, saya ingin mendampingi tim Voir dari awal sampai menjadi juara internasional,” ujar Elevita.

Baca Juga :  Mahasiswa dan Dosen Itera Kolaborasi Produksi Hand Sanitizer

Pada tahap kualifikasi, setiap tim peserta kompetisi membuat presentasi singkat mengenai ide yang diajukan. Tim dari L’Oreal menyeleksi tujuh tim yang akhirnya masuk ke final nasional. Selanjutnya, ketujuh tim mempresentasikan ide inovasinya di depan publik serta jajaran direksi L’Oreal Indonesia, dengan maksimal 10 halaman dalam waktu 5 menit.

Pemenang nasional L’Oréal Brandstorm akan diberikan kesempatan untuk bergabung di L’Oréal Indonesia dan mendapatkan mentorship langsung oleh Management Committee L’Oréal Indonesia sebelum beradu dengan tim lainnya di tingkat internasional pada bulan Mei-Juni 2021 untuk merebutkan hadiah utama yaitu Intrapreneurship Award selama 3 bulan dari kampus startup terbesar di dunia, Station F di Paris.

Muhammad Hanif Permana, mengatakan ini pertama kali L’Oreal Brandstorm Indonesia memiliki dua National Winners, yaitu tim Voir dan Get This Look yang akan merepresentasikan Indonesia ke final internasional. “Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah terlibat dan sangat suportif bagi tim Voir. Harapannya, selain dapat membanggakan FEB UI dan Indonesia, inovasi yang tim Voir berikan dapat diimplementasikan untuk membuat industri menjadi lebih inklusif dan entertaining,” katanya. Kompetisi ini diselenggarakan oleh L’Oreal Indonesia dan pengumuman pemenang berlangsung secara virtual, pada awal April (8/4).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
159 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x