Tim Pengmas FKM UI Gerakkan Pengelolaan Sampah di Sekolah

Tim pengabdian masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (pengmas FKM UI) yang dipimpin oleh pengabdi utama Dr. Zakianis, SKM, M.Kes (dosen Departemen Kesehatan Lingkungan FKM UI) bekerja sama dengan SMA Negeri Unggulan (SMANU) Mohammad Husni Thamrin yang terletak di Cipayung, Jakarta Timur, menginisiasi gerakan pengelolaan sampah sekolah.

Menurut Zakianis, selama masa pandemi peningkatan sampah cukup signifikan. Saat ini dirasa menjadi momen yang tepat untuk memberikan pengetahuan kepada siswa-siswi mengenai pengolahan sampah yang baik. “Menurut data dari Bank Dunia, sebanyak 69% sampah di Indonesia berakhir di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA), sedangkan hanya 7% yang didaur ulang pada 2016. Oleh karena itu, dibutuhkan pengolahan sampah yang baik. Pengolahan sampah tidak melulu harus selalu dilakukan oleh Tempat Pengolahan Sampah (TPS), tetapi pengolahan sampah dapat pula dilakukan dari tingkat individu, jika tahu caranya pengolahannya dan mau melakukannya,” ujar Zakianis.

Baca Juga :  Unsyiah Produksi APD dan Masker untuk Masyarakat

SMANU M.H. Thamrin merupakan sekolah berasrama yang memiliki timbunan sampah harian lebih banyak dibandingkan SMA negeri lain. Pihak sekolah belum memiliki inisiatif untuk melakukan pemilahan dan pembuatan kompos.

Untuk itu, tim pengmas FKM UI menggelar kegiatan yang terdiri dari penyuluhan tentang pengelolaan sampah berbentuk seminar daring yang mengedukasi pemilahan sampah dari sumbernya, pengolahan sampah menjadi kompos, dan praktik pemilahan dan pengolahan tersebut di lingkungan rumah. Webinar ini merupakan sebuah kerja sama Tim Pengmas FKM UI dengan BARIUM OSIS SMANU Thamrin, yang sudah dilaksanakan pada pertengahan Desember 2020 lalu (14/12). Selain melakukan penyuluhan, tim pengmas FKM UI juga menyediakan prasarana dalam mengelola sampah.

Baca Juga :  Mahasiswa ITS Gagas Inovasi untuk Bantu Olah Sampah Organik

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan mengenai pemilahan dan pengolahan sampah, mengingat kesehatan lingkungan perlu senantiasa dijaga. Tidak hanya pada saat pandemi, namun dibudayakan sehingga mampu membentuk karakter dan kebiasaan yang baik setelah masuk sekolah nanti dan mampu menjaga kesehatan lingkungan rumah dan sekolah,” ujar Zakianis.

Kegiatan pengmas ini turut didukung oleh para mahasiswa FKM UI, yaitu Fatimah Syakura (Ketua Tim), Dwi Indah Fajarini, Jihan Fauz Maulida, Nur Indah Iriana, Puti Afifah Sholeha, Rekhan Melfina, Rizkadewi Harlistyoputri, Salsa Rahmadhania Fitriani, dan Sinta Ainun Rahma.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Mariana Sumanti, S.Hum

(Media Relations UI, humas@ui.ac.id ; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
346 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x