Tim Dosen Vokasi UI Uji Coba Enviro School Sebagai Upaya Penerapan Program SDGs

Dalam rangka menyelesaikan permasalahan pengelolaan sampah di masyarakat, sejumlah dosen dan mahasiswa Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) program studi Administrasi Keuangan dan Perbankan mengadakan kegiatan program pengabdian masyarakat (pengmas) dengan tema “Enviro School: Upaya Penerapan Program Sustainable Development Goals (SDGs) bagi Siswa Sekolah Dasar”. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Jumat, 4 Desember 2020 di SD MI Muhammadiyah 1, Kecamatan Beji Timur, Kota Depok, Jawa Barat.

Vindaniar Yuristamanda Putri, SIA., MM, selaku dosen Vokasi UI serta Ketua Pengmas kegiatan ini, menjelaskan bahwa Kegiatan Enviro School ini merupakan kegiatan lanjutan dari program pendampingan bank sampah yang telah dijalankan oleh mahasiswa Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan pada tahun 2019 lalu. Tahun ini, tim berfokus pada penyediaan fasilitas pemilahan sampah organik dan non-organik yang dianggap belum memadai di MI Muhammadiyah 1, Beji Timur. Tujuan program ini adalah untuk melatih kedisiplinan para siswa sehingga mereka terbiasa untuk selalu membuang sampah sesuai dengan jenis sampahnya, tidak sembarangan.

Baca Juga :  Keren, Angkat Isu Forest Healing, Mahasiswa IPB University Raih Dua Penghargaan Internasional

“Selain penyediaan fasilitas tempat sampah organik dan non-organik, tim juga menempatkan poster di tiap-tiap kelas agar para siswa senantiasa mengingat sampah-sampah mana saja yang tergolong organik dan mana saja yang tergolong non-organik,” kata Vinda.

Kepala Sekolah SD MI Muhammadiyah 1, Syuaisa, S.Pd.I, menyambut baik program ini. Ia menjelaskan bahwa proses pemilahan sampah saat ini telah berjalan cukup baik, namun hasil dari pemilahan sampah tersebut tidak ditangani lebih lanjut sampai proses daur ulang sehingga sampah-sampah yang siap di daur ulang tersebut terbuang begitu saja. Menurutnya, para siswa juga masih belum sadar akan pentingnya menjaga kebersihan.

Berbagai upaya sebenarnya telah dilakukan oleh pihak sekolah, diantaranya adalah dengan memberi hadiah permen kepada para siswa yang telah membuang sampah pada tempatnya. “Bentuk-bentuk persuasif dengan cara apresiasi ini terus kami upayakan agar para siswa dapat tertarik dan semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan yang ada di sekitar sekolah” ujarnya.

Baca Juga :  Unsyiah Produksi APD dan Masker untuk Masyarakat

Tim pengmas Vokasi UI berharap dengan adanya fasilitas tempat sampah organik dan non-organik yang diberikan oleh UI, pihak sekolah dapat lebih mudah melakukan pengelolaan sampah yang ada di sekitar sekolah.

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
341 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x