Serah Terima Mahasiswa Peserta Pengalaman Belajar Lapangan FKM Unsri

Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama Universitas Sriwijaya (Unsri), Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc. menyerahkan mahasiswa peserta Program Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang diterima oleh Wakil Bupati, Ardani SH, MH di Gedung Pertemuan Kantor Bupati Ogan Ilir Sumatera Selatan, Kamis 27 Mei 2021.

Pada PBL yang bertema Membangun Sinergi Lintas Sektoral Menuju Kabupaten Ogan Ilir Bebas Covid-19, Stunting, dan Kesehatan Ibu dan Anak Yang Optimal Mona Lestari, Ketua Pelaksana melaporkan bahwa mahasiswa peserta PBL merupakan mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat semester enam dari tiga program studi sebanyak 333 orang, yakni Program Studi Ilmu Kesehtan Masyarakat 178 orang, Ilmu Kesehatan Lingkungan 76 orang, dan Ilmu Gizi 79 orang.

Peserta PBL akan di tempatkan di 33 desa yang ada di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Indralaya, Kecamatan Indralaya Selatan, dan Kecamatan Indralaya Utara.

Baca Juga :  PRODI SARJANA KEPERAWATAN DAN PENDIDIKAN PROFESI NERS INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT YAITU CEGAH COVID-19 MELUAS YAITU PEMBERIAN TANGKI AIR DAN EDUKASI MANFAAT CUCI TANGAN, PEMBAGIAN MASKER KAIN DAN SEMBAKO

Prof. M. Said, mengatakan, kegiatan PBL merupakan kegiatan reguler yang dilakukan setiap tahun yang harus dijalankan karena menyangkut peningkatan kompetensi mahasiswa serta lulusanya nanti. “Ini untuk mengetahui bagaimana kesehatan masyarakat yang ada di pedesaan kemudian nanti mahasiswa akan menyusun suatu program. Program tersebut nantinya dapat digunakan untuk membantu stakeholder dalam hal ini Dinas Kesehatan dan membantu pihak Puskesmas dalam melaksanakan kesehatan masyarakat.

Kami juga memberikan pesan kepada mahasiswa bahwa kegiatan ini harus diseriusi karena ini merupakan salah satu pelaksanaan Merdeka Belajar. Jadi sekarang ini kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencanangkan kegiatan merdeka belajar. Disamping PBL ada lagi magang ini tentunya akan sangat berguna dalam mencari pengalaman. Selama ini dari semester 1-6 kuliah mempelajari teori mempelajari ilmu sekarang menerapkannya,” ujar Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama.

Baca Juga :  Webinar Series MWA UI dan Kementerian Riset dan Teknologi Bahas Ketahanan dan Kemandirian Kesehatan di Indonesia

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih  kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Ilir yang telah mendukung kegiatan PBL.

Sementara itu, Wakil Bupati Ogan Ilir, Ardani SH, MH sangat menyambut baik program ini. Ia mengharapkan jangan hanya untuk tiga kecamatan. “Pak wakil Rektor, kenapa cuma tiga kecamatan? Harapan kami ke depan jangan hanya tiga kecamatan dari 16 kecamatan, setidaknya10,” ujarnya. 

Mardani mengharapakan peserta PBL yang lebih banyak. “FKM ini sangat diperlukan. Banyak sekali yang dapat dilakukan di tempat KKN.  Angka stunting kita sangat tinggi di atas rata-rata provinsi, di atas rata-rata nasional. Kami mengharap penuh kepada anak-anak sekalian bagaimana strategi menurunkan stunting. kolaborasikan dengan kades stempat. Bapak Ibu Camat tolong koordinasikan baik- baik empat minggu itu waktu yang sangat sempit. Usahakan keberadaan anak-anak kita ini betul-betul maksimal. Kami, pemerintah kabupaten besar sekali harapan kami terhadap kehadiran anak-anak kita yang melakukan PBL ini,” pungkasnya.(Humas_Unsri)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
74 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x