Peringkat Unpad Kembali Naik di QS AUR 2024

Universitas Padjadjaran kembali menorehkan capaian positif pada pemeringkatan perguruan tinggi. Tahun ini ini, peringkat Unpad di QS Asia University Rankings 2024 berada pada posisi 160 atau peringkat ke-7 nasional berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Rabu (8/11/2023). Posisi ini meningkat 31 poin setelah sebelumnya di posisi 191 pada tahun lalu.

“Kita bersyukur ada kenaikan (pemeringkatan),” kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti.

Rektor mengatakan, kenaikan peringkat Unpad pada QS AUR 2024 merupakan buah dari kenaikan peringkat Unpad di QS World University Rankings 2024. Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada Juni 2023 lalu, Unpad berhasil menduduki peringkat 661 pada QS WUR 2024 atau naik lebih dari 100 peringkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Meskipun ada parameter berbeda, ada korelasi antara peringkat QS WUR dengan QS AUR. Ini menunjukkan bahwa kualitas riset dan pendidikan memegang kontribusi besar,” jelas Rektor.

Penilaian QS AUR didasarkan pada 11 indikator, yaitu academic reputation, employer reputation, citations per paper, papers per faculty, faculty student ratio, international research network, international faculty, international students, inbound exchange students, outbond exchange students, dan staff with PhD.

Dari penilaian tersebut, hampir seluruh indikator mengalami kenaikan peringkat. Salah satunya adalah indikator employer reputation yang masuk ke peringkat 97. Rektor mengatakan, upaya ini tidak lepas dari peran Unpad dalam meningkatkan kualitas lulusannya. Agar kualitas pendiidkan Unpad dikatakan baik dan meningkat, perlu ada pengakuan dari pengguna lulusan terhadap kualitas lulusan Unpad.

Baca Juga :  Cegah Kasus Stunting di Bondowoso, Mahasiswa UNEJ Ciptakan Aplikasi PELITAKU PINTAR

Dalam upaya memperoleh rekognisi tersebut, Unpad melibatkan alumni prominen untuk bisa memberikan rekognisi sebagai pengguna lulusan. “Kalau alumni di manapun mereka berada bisa memberikan pandangan dan masukan pada kita bahwa lulusan Unpad tidak kalah dibandingkan lulusan perguruan tinggi lain, maka kualitas kita makin baik,” kata Rektor.

Rektor melanjutkan, Unpad terus mencari umpan balik dari pengguna lulusan, salah satunya dari para alumni. Untuk itu, silaturahmi dengan para alumni akan terus dijaga dan ditingkatkan. “Peningkatan hubungan baik dengan alumni diharapkan akan meningkatkan umpan balik kepada Unpad,” tambah Rektor.

Indikator lain di QS AUR yang perlu ditingkatkan adalah international faculty. Untuk itu, Rektor mendorong fakultas untuk terus memperluas jejaring kerja sama dengan mitra internasional. Namun, untuk bisa memperluas jejaring tersebut, peningkatan keunggulan menjadi penting.

Baca Juga :  Lolos Pimnas ke-34 Terbanyak Ketiga, ITS Siapkan Strategi Terbaik

Rektor berpesan bahwa seluruh warga Unpad berkontribusi dalam peningkatan keunggulan. Kegiatan tridarma harus terus ditingkatkan. Selain itu, peningkatan kualitas lulusan perlu dilakukan salah satunya dengan mendengar umpan balik dari para pengguna lulusan.

“Rekognisi menjadi kata yang kita mainkan. Rekognisi atas reputasi yang baik hanya bisa dicapai kalau keunggulan kita makin baik dan diakui masyarakat luas, termasuk internasional,” pungkas Rektor.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1023 Views