MGMP IPA Kabupaten Bogor Belajar KIT Eksperimen di Departemen Fisika IPB University

Departemen Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University menerima kunjungan guru-guru IPA tingkat SMP yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) IPA Kabupaten Bogor, (5/11). MGMP Kabupaten Bogor ini bekerja sama dengan Departemen Fisika dalam peningkatan kompetensi guru untuk penggunaan KIT IPA yang diselenggarakan di Teaching Laboratory.
 
Koordinator Teaching Laboratory, Dr Heriyanto Syafutra memaparkan tentang KIT eksperimen, yakni KIT Mekanika dan KIT Optik.  “Eksperimen KIT Mekanika terdiri atas eksperimen gerak lurus berubah beraturan (GLBB) pada bidang miring dengan besar sudut yang berbeda. Besar sudut sangat mempengaruhi percepatan benda pada bidang miring. Selain itu, keuntungan mekanik penggunaan katrol tetap maupun terikat juga dihitung. Ini untuk membuktikan bahwa penggunaan katrol dapat membantu kemudahan dalam mengangkat suatu benda,” ujar Dr Heriyanto.
 
Sementara itu, pada KIT Optik yang dijelaskan Dr Irzaman, lebih ditekankan pada proses pembentukan bayangan pada lensa dan cermin, baik cembung maupun cekung. Menurutnya, sifat bayangan yang dihasilkan oleh alat-alat optik ini sangat bergantung pada jarak benda terhadap pusat kelengkungan cermin maupun jarak fokusnya.
 
Salah satu peserta Dra Endang Purwaningrum, Guru IPA SMP 1 Tenjolaya, Cinangneng mengungkapkan bahwa rangkaian kegiatan ini sangat menarik dan menyenangkan. Selain itu, banyak manfaat dan pengetahuan baru yang diperoleh.  Menurutnya, update ilmu tentang KIT eksperimen perlu dilakukan secara terjadwal dan teratur.
 
“Hampir semua sekolah memiliki KIT eksperimen, namun jarang digunakan karena tidak memahami cara merangkai maupun menggunakannya. Dengan mengikuti pelatihan ini, KIT eksperimen di sekolah asal dapat dieksplor kembali. Selain itu, teori yang diberikan pada pendahuluan sangat memadai dan menambah pengetahuan guru-guru IPA,” ujar peserta lainnya Irma Suryani dari SMP 1 Leuwisadeng.
 
Sementara itu, Ketua Pelaksana Rima Fitria Adiati, MT dalam sesi penutupan menyampaikan terimakasih atas kehadiran guru-guru MGMP IPA Kabupaten Bogor di Departemen Fisika. Ia berharap agar kegiatan ini terus berlanjut di masa yang akan datang.
 
“Setiap tahunnya IPB University perlu mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai wujud tridharma perguruan tinggi. Kami peduli dengan pendidikan generasi muda, terutama pada tingkat SMP, dimana mulai diperkenalkan ilmu fisika secara spesifik. Departemen Fisika IPB University ingin menunjukkan bahwa fisika adalah hal yang mudah dan asik dipelajari jika guru memiliki kompetensi yang memadai terutama pada kegiatan praktikum,” paparnya. (SY/Zul)

Baca Juga :  Dosen ITS Jadi Penerima Habibie Prize Termuda dalam Sejarah
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
129 Views