Mahasiswa IPB University dari Sekolah Bisnis Raih Beragam Prestasi di Masa Pandem

Masa pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat mahasiswa Sekolah Bisnis IPB University untuk meraih prestasi dalam berbagai bidang kompetisi bisnis di Indonesia. Dengan mengikuti berbagai kompetisi bisnis secara daring, mereka bersaing dengan para kompetitor dari berbagai universitas dengan bermacam-macam ide bisnis yang luar biasa. Melalui ide inovasi dan kemampuan (skills) dalam memahami bisnis, Mahasiswa Sekolah Bisnis IPB University ini berhasil meraih berbagai penghargaan prestasi dalam berbagai kompetisi bisnis nasional.

Pertama, ada Tim Cookly berhasil meraih Juara 1 dalam IPB Business Competition 2021 kategori Business Practice yang digelar IPB University (9/2-11/4). Tim Cookly terdiri dari Thania Usamah Baluwel, Rio Kevin Marcello Alwi, Alika Samira Nisyah, Sarah Ardhyna, dan Maipa Diapati Aliah. Mereka membawa inovasi bisnis dengan konsep ‘Next Level of Load Bread’. Thania dan tim menyuguhkan berbagai jenis roti tawar dengan konsep yang lebih mewah dan berbeda dari roti tawar pada umumnya.

“Roti ini juga bebas gluten sehingga baik untuk kesehatan dan ramah bagi masyarakat yang intoleran terhadap gluten dengan harga terjangkau,” tutur Thania.

Bersaing dalam kategori manajemen, prestasi selanjutnya diraih oleh Rio Kevin Marcello Alwi yang berhasil meraih Juara III pada Management Days National Business Plan 2021, dengan tema “Mengembangkan Skill Mahasiswa Berwirausaha Muda di Era Digital” yang diadakan oleh Himpunan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Prof Hamka pada 11 Maret – 7 April 2021.

Baca Juga :  Mahasiswa UM Kunjungi Diknas Kota/Kabupaten untuk Memulai Program KMP 1.0

Prestasi lainnya juga diraih oleh GAGA Team dan Infinite Team, dalam kegiatan kompetisi bisnis yang diadakan oleh Himabisnis Universitas Mulawarman, Samarinda pada 22 Maret – 16 April 2021. Kompetisi ini mengangkat tema “Build Young Generation Creativity & Innovation in Business Development” dan diikuti oleh 211 tim atau sekitar 600 peserta.
GAGA Team dari Sekolah Bisnis IPB University berhasil meraih Juara 1 dalam Business Competition. GAGA Team terdiri dari Rio Kevin Marcello Alwi, Alika Samira Nisyah, dan Muhammad Wildan Amarullah. GAGA Team membawa inovasi bisnis berupa platform penghubung bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai wujud konkret kontribusi pemuda dalam meningkatkan kesejahteraan perekonomian Indonesia.

Sementara itu, Infinite Team dari IPB University juga berhasil meraih Juara II dengan tim gabungan dari mahasiswa Sekolah Bisnis (SB), Sekolah Vokasi (SV), dan Fakultas Ekologi Manusia (FEMA). Infinite team terdiri dari Fadhilah Ummah (Sekolah Bisnis), Muhammad Dhandi Dharma (Program Keahlian Manajemen Agribisnis) dan Milatul Mustaqimah (Departemen Gizi Masyarakat). Infinite team mengusulkan inovasi Minuman Moringa Oleifera sebagai Penambah Daya Tahan Tubuh dengan Pendekatan Model Bisnis Waralaba.

“Minuman ini berupa fresh to cup berbahan dasar sumber daya lokal daun kelor yang mengandung kalsium dan antioksidan tinggi sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama selama pandemi. Bisnis minuman ini akan dilakukan dengan model bisnis franchise di daerah Jabodetabek,” ujar Fadhilah.

Baca Juga :  Tim Task Force Pencegahan Covid-19 Uniku Produksi HandSanitizer dan Disinfektan

Pada kategori Business IT Case Competition, Tim Outsco dari IPB University berhasil meraih Juara 1 dalam ajang Business-IT Case Competition IT FEST 2021 yang diadakan oleh Universitas Sumatera Utara, Medan pada 10 Maret – 17 April 2021 dengan tema “United in Distance”. Outsco Team merupakan tim gabungan dari Sekolah Bisnis dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) IPB University yang terdiri dari Rio Kevin Marcello Alwi dan Satrio Wicaksono (Sekolah Bisnis) serta Muhammad Farhan Dirhami (Departemen Ilmu Komputer). Outsco Team menghadirkan “Droopship” sebagai dropshipping marketplace yang memberikan solusi untuk memudahkan UMKM dalam memperluas jangkauan pemasaran. Dropship juga membantu masyarakat dalam menghadapi berbagai permasalahan pada UMKM akibat dampak dari pandemi COVID-19 sesuai dengan studi kasus yang diberikan.

Menciptakan ide bisnis yang inovatif dan solutif serta berpartisipasi dalam berbagai kompetisi merupakan langkah awal bagi para mahasiswa untuk dapat belajar lebih percaya diri dalam mengembangkan jiwa entrepreneur dan mempersiapkan diri agar lebih siap bersaing dalam menghadapi era VUCA.

Sekolah Bisnis IPB University selalu mendukung produktivitas mahasiswa dalam berinovasi maupun berprestasi pada kompetisi bisnis untuk menciptakan para Entrepreneurs baru. Sesuai dengan motto Sekolah Bisnis yaitu “New Entrepreneur and New Ventures”. (**/Zul)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
377 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x