Mahasiswa FPIK Unpad Raih Peringkat Lima Besar Duta Santri Nasional 2023

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Padjadjaran Fajar Amali Kurniawan meraih peringkat lima besar dalam pemilihan Duta Santri Nasional 2023. Pengumuman pemenang dilakukan di Auditorium Universitas Nahdatul Ulama Surabaya (Unusa), Surabaya, pada 22 Oktober 2023 lalu.

Kegiatan tersebut diikuti sekitar 6.000 santri Indonesia yang mengikuti serangkaian seleksi ketat, mulai dari tahap awal pemberkasan sampai dengan bootcamp pada awal September 2023. Sebanyak 48 peserta terpilih mengikuti karantina di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, 17-21 Oktober 2023.

Pada ajang tersebut, Fajar yang merupakan lulusan Pesantren At-Tadzkir, Majalengka, Jawa Barat ini membawa gagasan “Saber²” atau “Santri Bersih, Santri Berkarya”. Gagasan ini dilatarbelakangi keinginannya agar pesantren memiliki pengelolaan sampah yang baik, khususnya sampah plastik.

Baca Juga :  UI Gelar Seminar Tantangan dan Kebijakan Vaksin Merah Putih untuk Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19

Menurut Fajar, pengelolaan sampah plastik di pesantren dapat dilakukan dengan mengubahnya menjadi eco bricks yang dapat memiliki nilai jual.

“Dalam pemilihan Duta Santri Nasional, saya memilih bidang Energi dan Lingkungan untuk dijadikan sebuah program yang akan dibawakan dan diadvokasikan sebagai Duta Santri Nasional tahun 2023. Bidang Energi dan Lingkungan ini sangat sesuai dengan apa yang saya dipelajari di FPIK Unpad.” ujar Fajar.

Dengan mengikuti ajang tersebut, Fajar ingin menunjukkan bahwa santri juga berhubungan dengan alam. Selain itu, bagi Fajar, kegiatan ini menjadi media untuk meningkakan relasi di tingkat nasional yang dapat bermanfaat bagi masa depannya.

“Harapannya saya dapat mengimplementasikan ilmu-ilmunya bukan hanya di bidang keagamaan saja, melainkan bidang-bidang lainnya yang positif dan sesuai dengan ajaran Islam,” kata Fajar.*

Baca Juga :  ITS Tantang 15 Tim Mahasiswa Bertarung di ICRCC 2023
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
451 Views