Langkah Gemilang Dosen ITS Raih Anugerah Ikon Prestasi Pancasila 2023

Dosen Departemen Teknik Mesin ITS Latifah Nurahmi ST MSc PhD (tengah) saat menerima Anugerah Ikon Prestasi Pancasila bidang Sains dan Inovasi

Kampus ITS, ITS News – Sivitas akademika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan jejak gemilang. Kali ini prestasi membanggakan dipersembahkan oleh Latifah Nurahmi ST MSc PhD, dosen Departemen Teknik Mesin ITS yang menerima penghargaan Anugerah Ikon Prestasi Pancasila dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Sabtu (9/9) lalu.

Latifah menuturkan bahwa penghargaan tersebut diberikan kepada individu maupun kelompok yang berprestasi, inspiratif, dan memiliki rekam jejak positif. Anugerah Ikon Prestasi Pancasila tahun ini diberikan kepada lima nama untuk lima kategori. “Saya sendiri menerima anugerah di bidang sains dan inovasi,” tuturnya.

Baca Juga :  ITS Bekerja sama dengan PT PLN Gelar Pelatihan dan Sertifikasi K3

Bukan tanpa alasan, penerima penghargaan L’Oreal-UNESCO For Women In Science 2020 ini merupakan pencipta robot hybrid di bidang medis. Robot tersebut berguna untuk rehabilitasi dan membantu operasi patah tulang. Memiliki struktur putaran yang mirip dengan tumit kaki, membuat robot hybrid bergerak lebih fleksibel dibandingkan dengan robot paralel yang sudah ada sebelumnya.

Latifah Nurahmi ST MSc PhD (kiri) bersama keluarga pada acara Penganugerahan Ikon Prestasi dan Insan Pancasila 2023 di Gedung Merdeka, Bandung

Lebih lanjut, Latifah mengungkapkan bahwa robot tersebut diciptakan bukan untuk menggantikan posisi dokter melainkan sebagai penunjang proses medis. Salah satu peran dari inovasi yang dicetuskan sejak tahun 2015 ini adalah membantu dokter dalam menangani operasi dengan akurasi tinggi. “Penggunaan robot hybrid ini tetap memerlukan campur tangan tenaga medis,” ungkap perempuan kelahiran Solo ini.

Mewakili ITS untuk penghargaan bergengsi ini, membuat motivasi Latifah di dunia riset kian menggebu. Agar dampaknya bisa lebih luas lagi, alumnus Teknik Mesin ITS ini berencana untuk berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam mengembangkan robot hybrid tersebut. Di samping itu, Latifah memandang Anugerah Ikon Prestasi Pancasila sebagai bukti nyata ITS dalam mendukung Pancasila sebagai ideologi negara melalui kegiatan akademik dan riset.

Baca Juga :  Dua Peneliti ITS Raih Hitachi Global Foundation Asia Innovation Award 2023

Ibu satu anak ini menyatakan bahwa penghargaan ini dipersembahkan kepada anak perempuannya, para mahasiswi Departemen Teknik Mesin ITS, dan seluruh perempuan di Indonesia. Menurutnya, pencapaian tersebut membuktikan bahwa perempuan mampu bersaing dari segi kemampuan berpikir, riset, dan mengajar. “Semoga dapat menginspirasi para perempuan lain untuk terus berkarya dalam bidang sains dan teknologi,” tandasnya penuh harap. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1050 Views