Komitmen dalam Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Kampus, UTU Lantik Satgas PPKS

MEULABOH, UTU – Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) Universitas Teuku Umar (UTU) Periode 2022-2024 resmi dilantik oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Dr. Ishak Hasan, M.Si di Aula Gedung Kuliah Terintegrasi Lantai II, Kamis, 1 Desember 2022.

Dalam pelantikan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA, Dekan Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Basri, SH., MH sebagai saksi dalam pelantikan Satgas PPKS UTU, Dekan Fakultas Pertanian, Ir. Yuliatul Muslimah, MP, Wakil Dekan I Fakultas Ekonomi Dr. Syahril, SE., M.Si, Wakil Dekan I Fakultas Kesehatan Mayarakat, Safrizal, SKM., M.Kes, Ketua LPPM-PMP UTU, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Panitia Seleksi (Pansel) PPKS UTU, Ir. Sulaiman Ali, ST., MT, Hamdani, S.I.Kom dan Reni Juliani, S.I.Kom., M.I.Kom dan Ketua Satgas Ad-Hoc PPKS Candra Darusman, SH., MH serta Ormawa Linkup UTU.

Ir. Sulaiman Ali, ST., MT selaku Ketua Panitia Selesi (Pansel) Satgas PPKS UTU menyampaikan, Pembentukan Satgas PPKS UTU sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di lingkungan Perguruan Tinggi, serta SK Rektor UTU Nomor 0676/UN59/HK.10/202 tentang Penetapan Panitia Seleksi Satgas PPKS UTU. Adapun Satgas PPKS UTU yang telah resmi dilantik, terdiri dari 1 pendidik, 2 tenaga kependidikan, dan 4 dari unsur mahasiswa, diantaranya Rita Hartati, S.Pd., M.Pd, Nurlian, S.Sos., M.Sos, Susanto, SKM., MM, Dila Audiana, Salsabila, M. Rizki Maulana dan Aulia Indriani

Baca Juga :  Perluas Kerja Sama, ITS Resmikan Pusat Penelitian STIC-CEGIR

Lanjut Sulaiman Ali, Pansel Satgas PPKS UTU telah melaksanakan tahapan dari sosialisasi dan pendaftaran Calon Satgas PPKS, seleksi administrasi, mengumumkan hasil seleksi administrasi, tes wawancara, pengumuman tes wawancara dan terakhir uji publik calon satgas PPKS UTU dengan menghadirkan Panelis Dr. Inayatillah, M.Ag Ketua STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh dan Dra. Irmayani Kepala UPTD PPA Aceh, uji publik dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Mursyidin, MA turut hadir Kepala Biro Umum, Keuangan Zulfirman, SE., M.Si dan peserta dari kalangan Dosen, Tendik dan Mahasiswa UTU.

Dalam Surat Keputusan Rektor Universitas Teuku Umar Nomor 0702/UN59/HK.10/2022 yang dibacakan oleh Ketua Pansel Satgas PPKS UTU pada saat prosesi pelantikan Satgas PPKS UTU tentang pembentukan Struktural Satuan Tugas PPKS UTU periode 2022-2024 yaitu Rita Hartati, S.Pd., M.Pd yang merupakan Dosen Fakultas Teknik UTU terpilih dan ditunjuk sebagai Ketua dan Susanto, SKM., MM Sebagai Sekretaris Satgas PPKS UTU.

Baca Juga :  SIARAN PERS (PRESS RELEASE) UNIVERSITAS INDONESIA DAN GAKESLAB INDONESIA

Rektor UTU dalam sambutannya pada pelantikan Satgas PPKS UTU menyampaikan, rasa syukur dan bangga telah terbentuknya Satgas PPKS UTU dengan mengikuti berbagai tahapan seleksi yang telah dilaksanakan oleh Tim Pansel Satgas PPKS UTU, keberadaan Satgas PPKS UTU merupakan perwujudan dari implementasi Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi, hal ini merupakan komitmen yang tinggi kampus UTU dalam mewujudkan kampus yang aman dan nyaman dari kekerasan dan pelecehan seksual. (Humas UTU)

Ketua Satgas PPKS UTU Rita Hartati, S.Pd., M.Pd mengatakan, menjadi satgas PPKS merupakan amanah yang luar biasa, tidak bisa dijalankan tanpa kolaborasi dan harus saling mendukung, tanpa kolaborasi sangat tidak mudah dijalankan mulai dari pencegahan hingga tindakan. Setelah pelantikan ini Satgas PPKS UTU memiliki tugas dan program yg harus dijalankan, secara garis besar tugas Satgas PPKS UTU sesuai dengan Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021, dengan melakukan pencegahan dan penanganan, merespon kasus. Kami Satgas PPKS UTU siap melawan kekerasan seksual ujar Rita Hartati.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
99 Views