ITS Unjuk Keunggulan Inovasi dalam Pameran IIETE 2022

Pengunjung saat mencoba ITS Educational Tour dalam pameran IIETE 2022
Pengunjung saat mencoba ITS Educational Tour dalam pameran IIETE 2022

Kampus ITS, ITS News – Adanya pandemi Covid-19 membuat masyarakat hanya bisa mendapat informasi mengenai Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui website maupun media sosial saja. Guna mengenalkan keunggulannya secara langsung, ITS unjuk diri dalam pameran Indonesia International Education Training Expo & Conference (IIETE 2022) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta selama tiga hari, mulai Rabu (3/2).

Kepala Unit Komunikasi Publik (UKP) ITS Dr Rahmatsyam Lakoro SSn MT mengatakan, dalam mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI ini, ITS membawa beberapa inovasi dan hasil penelitian unggulannya. Di antaranya inovasi dalam bidang robotika, kemaritiman, otomotif, hingga material maju. “Kami ingin masyarakat semakin mengenal keunggulan ITS dalam bidang tersebut,” ujarnya.

Melanjutkan hal itu, lelaki yang kerap disapa Ramok ini menyebutkan, salah satu contohnya adalah ImmersITS. Yakni merupakan produk unggulan ITS yang dikembangkan dari penelitian untuk mewujudkan kelas virtual pada masa pandemi. Tidak hanya itu, ITS juga menampilkan robot-robot humanoid yang pernah memenangkan berbagai kompetisi skala dunia.  “Dalam pameran tersebut, kami membawa robot buatan tim Ichiro ITS,” imbuh dosen Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS ini.

Baca Juga :  Implementasi MBKM, UNPAR Jajaki Kerja Sama dengan PT MRT Jakarta
Suasana saat beberapa pengunjung melihat robot buatan tim Ichiro ITS yang menjadi daya tarik dalam pameran IIETE 2022
Suasana saat beberapa pengunjung melihat robot buatan tim Ichiro ITS yang menjadi daya tarik dalam pameran IIETE 2022

Tidak hanya sekadar menampilkan produk unggulan, Ramok mengungkapkan bahwa ITS juga menyiapkan beberapa video profil, brosur cetak, mendemokan beberapa prototype, dan membagikan cinderamata kepada pengunjung. Hal ini tentu saja dilakukan untuk dapat memberi banyak informasi kepada pengunjung. “Semuanya telah kami persiapkan dengan matang agar informasi tersampaikan dengan baik dan jelas,” tuturnya.

Selama pameran ini berlangsung, Ramok menerangkan bahwa ITS selalu mengedepankan interaksi bersama pengunjung dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku. Pengunjung yang didominasi oleh siswa-siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan orang tua siswa ini diajak untuk melihat lebih dekat kampus ITS melalui materi pameran yang telah dipersiapkan. “Kami juga memberi informasi kepada pengunjung yang ingin melanjutkan kuliahnya di ITS untuk membantu menentukan pilihan,” ungkapnya.

Baca Juga :  Karya Lukis Mahasiswa Tata Kelola Seni ISI Yogyakarta di Ekspos dalam Majalah Luar Negeri
Salah satu anggota tim Ichiro ITS saat berinterkasi dengan para pengunjung pameran IIETE 2022
Salah satu anggota tim Ichiro ITS saat berinterkasi dengan para pengunjung pameran IIETE 2022

Lelaki kelahiran Ampana ini menganggap bahwa IIETE 2022 merupakan sebuah wadah yang baik. Lantaran dengan adanya pameran ini dapat memberi ruang bagi ITS untuk bertemu dengan masyarakat dan calon mahasiswa secara langsung. Dengan ini, mereka juga dapat melihat kontribusi dan peran ITS sebagai perguruan tinggi yang meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni guna memajukan kemanusiaan sesuai motto ITS saat ini, Advancing Humanity.

Ramok berpendapat bahwa pameran merupakan ajang yang baik untuk membingkai miniatur kehidupan kampus dalam informasi yang sarat dan padat. Melalui pameran pula, sebuah universitas atau institut mempunyai kesempatan untuk saling unjuk gigi. “Oleh karena itu, kami selalu mempersiapkan pameran dengan baik dan matang meskipun situasi sangat dinamis karena pandemi,” tandas alumnus Pendidikan Doktor Ilmu Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) ini. (HUMAS ITS)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
727 Views