Implementasi MBKM, 560 Mahasiswa UTU Laksanakan Magang pada 200 Mitra Magang di Seluruh Indonesia

MEULABOH, UTU – Dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Universitas Teuku Umar (UTU) melalui Koordinator Pusat (Korpus) KKN dan Magang yang bernaung di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Teuku Umar melaksanakan pembekalan dan pelepasan mahasiswa program magang tahap IV Universitas Teuku Umar Tahun 2022. Kegiatan yang diselenggarakan selama sehari penuh tersebut diikuti oleh 560 mahasiswa dan sebanyak 200 mitra. Kegiatan tersebut dipusatkan di Aula Gedung Terintegrasi UTU, Selasa 26/07/2022.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Rektor I UTU, Dr. Ir. Alfizar, DAA,Ketua LPPM, Ir. Rusdi Faizin, M.Si, Kepala Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama, Drs. Muslim Raden, M.Si, dan Dosen Pembimbing Lapangan serta para Mitra dari SKPD dan perwakilan dari Perusahaan-Perusahaan ternama di Aceh.

Wakil Rektor I, Dr. Alfizar, DAA dalam sambutannya menyampaikan bahwa magang tersebut adalah bagian dari  peningkatan softskill dan hardskill dan ketrampilan yang akan diberikan oleh dinas dan perusahaan tempat mahasiswa melaksanakan magang.

Baca Juga :  Calon Mahasiswa dengan Keterbatasan Finansial Tetap Bisa Berkuliah di Unpad

“Saat ini Anda sedang kuliah dan magang itu adalah merupakan bagian dari pada kuliah di luar kampus maka oleh sebab itu pada kesempatan manfaatkan waktu untuk menimba ilmu sebanyak-banyaknya di lapangan, menimba softskillnya sehingga ketika anda keluar dari kampus anda sudah memiliki skill dan anda siap terjun ke dunia usaha dan dunia industri.

Dikatakannya bahwa filosofi dari magang adalah untuk mendekatkan kurikulum kampus dengan dunia usaha dan dunia bisnis dan untuk mendekatkan mahasiswa dengan ilmu-ilmu praktis yang harus dimiliki. Ilmu praktis dikerjakan oleh dunia usaha, dunia bisnis dan dunia industri.

“Kalau kalian sudah berbekal tersebut maka saya yakin kalian sudah siap menghadapi dunia kerja bahkan kalian siap dengan berbisnis sendiri dan membuka lapangan pekerjaan,” Harapnya kepada ratusan mahasiswa.

Baca Juga :  Unpad Buka Peluang Beasiswa Pascasarjana untuk Seniman

Kita mengikuti kegiatan ini adalah dalam rangka mengimplementasikan program merdeka belajar kampus merdeka dalam rangka menyiapkan mahasiswa unutk menghadapi dunia kerja, sosial dan budaya, diluar sana adek-adek dapat belajar mengimprovisasi ilmu yang sidah didapatkan diperkuliahan dan juga mendapatkan ilmu dari hasil pembelajaran Bersama mitra

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana yang juga merupakan Korpus KKN dan Magang, Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan diadakan magang adalah untuk peningkatan softskill dan hardskill bagi mahasiswa dari 200 mitra yang tersedia dari seluruh Indonesia. Menurutnya pada tahun ini, animo mahasiswa mengikuti magang adalah jumlah yang terbanyak dengan jumlah 560 mahasiswa dan mitra sebanyak 200 perusahaan dan instansi pemerintah dan swasta yang tersebar dari seluruh Indonesia.

Ditambahkannya lagi bahwa jumlah Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) adalah sebanyak 46 dosen yang akan berkolaborasi dengan mitra dalam rangka meningkatkan softskill dan hardskill para mahasiswa Universitas Teuku Umar yang akan melaksanakan magang hingga bulan November 2022 nanti.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
926 Views