Hipma IPB University Gelar Webinar Bahas Kesehatan Mental

Himpunan Profesi Mahasiswa Agribisnis (Hipma) IPB University mengadakan Educational Psychology Webinar (EPSYNAR) secara daring, 13/3. Webinar ini membahas tentang pentingnya kesehatan mental saat pembelajaran dari rumah selama pandemi. Sedikitnya ada 579 peserta yang mengikuti webinar yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa se-Indonesia.

Ketua Departemen Agribisnis, Dr Dwi Rachmina, menyebutkan “Kegiatan webinar ini merupakan salah satu aktivitas yang bagus, karena pengetahuan tentang kesehatan mental sangat dibutuhkan pada kondisi pandemi seperti saat ini.”

Webinar kali ini mengundang Dr Melly Latifah, dosen IPB University dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen, Fakultas Ekologi Manusia. Dalam pemaparannya, Dr Melly menyebutkan bahwa masalah mental yang dihadapi oleh pelajar dan mahasiswa selama masa pandemi adalah anxiety dan stres.

Baca Juga :  Bantu Masyarakat Atasi Cemas, P3T Maranatha Buka Konseling Online

Ia menjelaskan, anxiety adalah kondisi emosi negatif yang berlebihan, seperti ketakutan, cemas, tekanan, khawatir, dan kegelisahan yang berlebihan. Sedangkan stres adalah kondisi perasaan tertekan yang tidak sehat akibat tuntutan fisik, lingkungan dan situasi sosisal yang dianggap sebagai ancaman yang menyebabkan perasaan tidak nyaman.

“Upaya mengatasi masalah kesehatan mental di masa pandemi COVID-19 antara lain adalah dengan mengubah cara pandang, mengalihkan kepada kegiatan yang lebih produktif, meningkatkan imunitas, menjaga emosi positif, menjaga interaksi dan komunikasi sehat, menghindari perilaku yang dapat menambah masalah, dan meningkatkan kemampuan regulasi diri,” ungkap Dr Melly. (*/RA)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
343 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x