Gagas Sabut Kelapa untuk Sapu Limbah Tekstil, Tim Kimia Unpad Raih Juara I di UI

Tim Kimia Universitas Padjadjaran yang terdiri dari Raisya Fakhira Khairan Luluatul, Faudatin Nafisah Ruswadi, dan Fahmi Nur Alim dengan didampingi dosen dari Departemen Kimia Dr. Eng. Uji Pratomo meraih Juara I kompetisi nasional Chemistry Innovation Project (CIP) 2023  yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Kimia Universitas Indonesia pada 31 Juli – 5 November 2023.

Tim tersebut diberi nama Padjawara team yang merupakan akronim dari Padjadjaran Jawara.

Pada kompetisi tersebut, Padjawara menulis gagasan proyek dengan judul “Degradasi Limbah Tekstil Methylene Blue Menggunakan Nanokomposit TiO2-BC Berbasis Sabut Kelapa dengan Sonofotokatalisis Sebagai Upaya Mendukung Ekosistem Lingkungan Hijau”.

Judul tersebut diambil karena presentase jumlah limbah tekstil di Indonesia yang berhasil dikelola masih kecil. Adapun methylene blue (MB) merupakan salah satu pewarna tekstil yang sering digunakan namun bersifat karsinogenik.

Baca Juga :  Keren! Mahasiswa FIK UM Raih 21 Medali pada Ajang PON XX Papua 2021

Padjawara Team menggagas Cocometh yang berupa biochar (BC) berbahan dasar sabut kelapa yang diimpregnasi TiO2 untuk mendegradasi MB menggunakan metode sonofotokatalisis.

Inovasi ini menerapkan green chemistry dengan prinsip “Solving Waste Using Waste” yang dapat menjadi solusi pengolahan MB. Target dalam gagasan ini adalah nanokomposit TiO2-BC dengan pori dan luas permukaan yang besar serta diperoleh efisiensi degradasi limbah tekstil MB yang lebih tinggi dibandingkan biochar tanpa terimpregnasi TiO2.

Dalam gagasan ini juga didesain prototype yang dapat mengolah produk hasil pirolisis serta mendegradasi MB dari air dalam skala kecil maupun industri secara efisien sehingga inovasi ini dapat diimplementasikan sebagai upaya mendukung ekosistem lingkungan hijau di Indonesia.

Baca Juga :  UTU Gelar Expo Kampus Merdeka, Prof. Nizam: Terlengkap di Indonesia

Mewakili rekan-rekannya, Raisya menyatakan rasa syukur atas juara yang mereka raih. “Alhamdulillah tim kami dari Unpad menjadi pemenang dalam lomba CIP tahun 2023. Kami tidak menyangka karena ada beberapa pertanyaan dari juri yang sulit untukdijawab.”

Dr. Eng. Uji Pratomo, selaku dosen pembimbing, juga turut menyampaikan kebahagiaannya atas prestasi mahasiswa tersebut. “Alhamdulillah perwakilan dari Kimia Unpad di ajang nasional menjadi Juara pertama, ini merupakan pembuktian bahwa mahasiswa kimia Unpad memiliki tingkat kreativitas dan minat inovasi yang tinggi. Semoga pencapaian ini menjadi dorongan semangat bagi para mahasiswa Unpad, dan mahasiswa kimia khususnya, untuk terus mengembangkan potensi dirinya di tingkat nasional dan internasional,” ujarnya.*

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
425 Views