Enam Prodi Kesehatan USK Berhasil Raih Akreditasi Internasional

Enam Program Studi Bidang Ilmu Kesehatan (Cluster Medical Sciences) Universitas Syiah Kuala berhasil meraih akreditasi internasional secara penuh dari Lembaga ASIIN, Jerman yang mulai berlaku sampai 30 September 2028. (Banda Aceh, 29 Juni 2024).

Enam Prodi tersebut adalah Prodi Pendidikan Dokter Hewan (S1), Pendidikan Profesi Dokter Hewan, Pendidikan Dokter (S1), Pendidikan Profesi Dokter, Sarjana Keperawatan (S1); dan  Pendidikan Profesi Ners. Masing-masing Prodi tersebut berada di bawah tiga Fakultas dalam bidang ilmu Kesehatan, yaitu Fakultas Kedokteran Hewan (FKH), Fakultas Kedokteran (FK), dan Fakultas Keperawatan (FKEP).

Ketua Tim Akreditasi Internasional ASIIN cluster Medical Sciences USK Tahun 2024, Dr. drh. Mustafa Sabri, M.P., menyampaikan rasa syukur dan Bahagia. Ia mengatakan, raihan pengakuan akreditasi internasional ini menggenapkan pengakuan penuh menjadi 5 tahun, terhitung sejak Juli 2023. Setelah sebelumnya memperoleh pengakuan awal terlebih dahulu untuk satu tahun, yang berlaku hingga April 2024.

Baca Juga :  Pusat Karir, Kewirausahaan dan Alumni LP3M Universitas Jember Bantu Alumni Masuk Dunia Kerja

“Semua ini bisa diraih atas kekompakan dan kebersamaan anggota tim dalam menyelesaikan semua dokumen perbaikan tepat pada waktunya, dengan dukungan Rektor USK dan para dekan beserta seluruh jajarannya,” ucapnya.

Selanjutnya Para dekan dari masing-masing fakultas, drh. Teuku Reza Ferasyi, M.Sc., PhD. (FKH), Dr. dr. Safrizal Rahman, M.Kes., Sp.OT (FK), dan Dr. Teuku Tahlil, S,Kp., MS. (FKEP), juga menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama dan kerja keras yang luar biasa dari tim penyusun dokumen dari ketiga fakultas. Mereka berharap prestasi ini dapat membawa manfaat bagi rekognisi internasional ketiga fakultas dan juga USK.

Menyambut hasil akreditasi penuh ke-enam prodi tersebut, Rektor USK Prof. Dr. Ir. Marwan menyampaikan ucapan selamat dan bangga. Rektor sangat mengapresiasi atas kerja keras dan kesabaran tim penyusun dokumen selama ini hingga meraih hasil terbaik.

Baca Juga :  Dosen Statistika Unpad Raih Doktor “Cumlaude” di University of Groningen

Rektor menilai hasil akreditasi internasional penuh enam prodi tersebut akan semakin memperkuat dukungan untuk mewujudkan USK sebagai World Class University (WCU).

“Disisi lain, pengakuan tersebut dapat memberikan gambaran positif bagi komunitas internasional terkait standar pelayanan dan mutu pendidikan di kampus ini telah diakui secara global. Semoga semua hasil ini membawa manfaat bagi USK, masyarakat Aceh serta Indonesia,” ucap Rektor.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...
655 Views