Dosen Universitas PGRI Palembang Sosialisasikan Aplikasi Edmodo di MTs Nurul Hidayah

Peserta antusias mengikuti PKMS hibah Kemenristek/Brin yang digelar dosen Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/7/2020).

Palembang, humas_upgrip – Dua dosen Program Studi (Prodi) Biologi dan Fisika Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang menggelar Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS) di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/72020).

Kegiatan PKMS ini dilaksanakan dosen Prodi Pendidikan Biologi Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang, Yunita Panca Putri, MSi dan Rahmawati, MPd selaku dosen Prodi Pendidikan Fisika.

eserta antusias mengikuti PKMS hibah Kemenristek/Brin yang digelar dosen Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/7/2020).

Dalam kegiatan tersebut Tim PKMS yang diketuai Yunita Panca Putri, MSi dan anggota Rahmawati, MPd mensosialisasikan sekaligus menyajikan cara men-download dan menggunakan Edmodo dalam pembelajaran.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Yunita Panca Putri, MSi mengatakan, Universitas PGRI Palembang setiap tahunnya mendapatkan hibah Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia (Kemenristek/Brin) bidang Pengabdian kepada masyarakat skema Program Kemitraan Masyarakat Stimulus (PKMS).

Baca Juga :  Dirjen Belmawa Dikti Apresiasi Kinerja Lab BSL-3 Unpad dalam Melakukan Uji Covid-19

Peserta antusias mengikuti PKMS hibah Kemenristek/Brin yang digelar dosen Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/7/2020).

Nah, tahun 2020 ini, proposal mereka dengan tema ‘Penggunaan Aplikasi Edmodo dalam Pembelajaran’ dinyatakan lulus dan mendapatkan kesempatan mendapat dana hibah dari Kemenristek/Brin.

Berkenaan dengan hal tersebut, Yunita Panca Putri menjelaskan, kegiatan ini sebagai aplikasi dari proposal mereka yang  bertujuan memperkenalkan kepada sekolah agar dapat menggunakan aplikasi edmodo di dalam pembelajaran online di tengah pandemi Covid-19.

“Kondisi sekarang mengharuskan guru agar lebih kreatif dan inovatif dalam menampilkan pembelajaran kepada peserta didik. Agar pembelajaran tetap bisa dilaksanakan seperti biasa,” jelasnya.

Berfoto bersama usai kegiatan PKMS hibah Kemenristek/Brin yang digelar dosen Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/7/2020).

Yunita menambahkan aplikasi Edmodo ini belum pernah digunakan di dalam pembelajaran di MTs Nurul Hidayah Palembang, sehingga kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa di sekolah tersebut.

Di tempat yang sama, Kepala MTS Nurul Hidayah Palembang, Suarti, SPdI mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih dengan apa yang dilakukan dosen Universitas PGRI Palembang.

Baca Juga :  Charity Golf Tournament Dies Natalis ke-71 UI Kumpulkan Dana Abadi

Menurunya, kegiatan ini sangat positif guna mengajarkan masyarakat dalam mempraktekkan cara men-download dan mengoperasikan setiap icon yang ada pada aplikasi edmodo, sehingga anak didiknya dapat belajar dengan baik meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

“Dengan kegiatan ini guru bisa menampilkan materi dan kuis pada saat pembelajaran, jadi guru bisa mengajar walaupun berada pada tempat berbeda dan juga tidak terpaku pada waktu. Semua situasi dan kondisi menjadi fleksibel dalam pembelajaran,” terangnya.

Berfoto bersama usai kegiatan PKMS hibah Kemenristek/Brin yang digelar dosen Fakultas MIPA Universitas PGRI Palembang di MTs Nurul Hidayah Gandus Palembang, Sabtu (18/7/2020).

Di akhir kegiatan, tim PKMS membuat grup WhatsApp guna membantu guru dalam mengatasi masalah yang timbul saat mengaplikasikan aplikasi Edmodo dalam pembelajaran.

Dalam PKMS tersebut, semua peserta begitu antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Ini terlihat dari hampir sebagian peserta mengajukan pertanyaan dan sangat tertarik untuk menggunakan aplikasi Edmodo dalam pembelajaran sehari-hari.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
532 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x