Bentuk Pertanian Terintegrasi, Tim PPK Ormawa BEM FP UTU Lakukan Pendampingan Petani Desa Langkak

MEULABOH, UTU | Tim PPK Ormawa BEM FP UTU melakukan pendampingan terhadap petani muda Desa Langkak, Kecamatan Kuala Pesisir, Kabupaten Nagan Raya dalam pembentukan pertanian terintegrasi. Pendampingan tersebut bertujuan untuk membentuk kelembagaan Sanggar Tani Muda Desa Langkak serta mengajak para pemuda milenial untuk terus mengembangkan jiwa pada sektor pertanian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Selasa (04/10/2022) di desa setempat.

Dosen pendamping PPK Ormawa, Yoga Nugroho, SP., M.M mengatakan Tim PPK Ormawa memiliki tujuan yang langsung direalisasikan kepada masyarakat, yaitu melakukan pendampingan pemberdayaan kepada pemuda Desa Langkak serta juga membantu perekonomian masyarakat desa Langkak sekaligus menyelesaikan demi sedikit keluhan yang ada di Desa.

Baca Juga :  Pakar IPB University Ungkapkan Penerapan Sekolah Peternakan Rakyat Untuk Atasi Oversupply Perunggasan

“Mahasiswa perlu berperan aktif dalam pendampingan ini, agar Pemuda Desa Langkak memiliki jiwa pertanian yang kuat dan menjadi petani milenial,” Ucapnya.

Sementara itu, Ketua Tim PPK ormawa BEM FP UTU , Saiful Anwar, mengatakan bahwa kegiatan pendampingan ini penting dilakukan untuk terus menunjang tingkat kurangnya minat pemuda sekarang untuk terjun ke pertanian, serta terus menjadikan ini sebagai pengabdian masyarakat yang merupakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Pendampingan petani muda Desa Langkak ini sangat kami fokuskan, dimana untuk terus mengajak pemuda milenial untuk terus minat menekuni jiwa pertaniannya,” Katanya.

Untuk diketahui, Program Penguatan Kapasitas Organisasi Mahasiswa (PPK Ormawa) adalah program penguatan kapasitas Ormawa melalui serangkaian proses pembinaan Ormawa oleh Perguruan Tinggi yang diimplementasikan dalam program pengabdian dan pemberdayaan masyarakat.

Baca Juga :  Bantu Produktivitas Petani, Mahasiswa ITS Gagas Aplikasi SR-Farmer

Tim yang beranggotakan 15 orang yang berkolaborasi dengan mahasiswa lain dari beberapa Fakultas dan Program Studi (Prodi) lain yaitu salah satunya ada yang dari Fakultas Pertanian, Prodi Agribisnis, Prodi Agroteknologi dan dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Prodi Perikanan.

Tim PPK Ormawa BEM FP UTU, mengambil topik mengenai Sanggar Tani Muda dengan judul “Pendampingan Petani Muda di Desa Langkak Dalam Pembentukan Kelembagaan dan Peningkatan Kompetensi Berbasis Pertanian Terintegrasi”.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
498 Views