5.856 Peserta Ikuti Ujian SIMAK UI 2021 Program Pascasarjana Gelombang I

Universitas Indonesia (UI) telah melaksanakan ujian Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI) secara daring untuk Program Pascasarjana (Magister, Profesi, Spesialis, Doktor) Gelombang Pertama tahun 2021 yang dilaksanakan hari ini (Rabu, 24 Maret 2021) pada pukul 8.00 – 12.00 WIB, bagi seluruh peserta di Indonesia. Sebanyak 5.856 peserta mengikuti ujian SIMAK UI Program Pascasarjana untuk Gelombang I tahun 2021. 

Program studi (prodi) pascasarjana yang dibuka pada SIMAK UI tahun ini adalah 73 prodi magister (S2), 3 prodi profesi, 36 prodi spesialis 1 (SP 1), 6 prodi spesialis 2 (SP 2), dan 37 prodi doktor. Daftar prodi yang dibuka pada SIMAK UI dapat dilihat selengkapnya di laman https://penerimaan.ui.ac.id/period/program/2702. Kepala Kantor Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) UI, Dr. Gunawan, S.T., M.T, menyampaikan bahwa ujian SIMAK hari ini berjalan lancar. Ia menambahkan, ujian tersebut dilaksanakan dengan mempertimbangkan faktor pandemi Covid-19.

Baca Juga :  Perang Lawan Covid-19, Prof Sri Budiarti Berikan Tips Menjaga Stamina Tubuh

Dari 73 prodi magister tersebut, yang paling banyak peserta pendaftarnya adalah prodi magister Ilmu Komunikasi, yaitu sebanyak 403 peserta, sedangkan dari program profesi tercatat 31 peserta yang mendaftar untuk prodi profesi akuntansi, dan program doktoral Ilmu Komunikasi sebanyak 64 peserta.  Untuk Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS), program spesialis Ilmu Penyakit Dalam sebanyak 77 peserta dan 8 peserta untuk program Sub-Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif.

UI menyelenggarakan ujian secara daring agar seluruh peserta di berbagai wilayah di Indonesia berkesempatan mengikuti seleksi, tanpa harus berada di lokasi ujian. “Ujian dilakukan secara online menggunakan sistem Computer Based Test (CBT), sesuai dengan informasi yang disampaikan dalam laman SIMAK UI. Setiap peserta dapat mengikuti ujian dengan menggunakan perangkat komputer, ponsel, tab, dan laptop, untuk mengakses laman ujian SIMAK UI tersebut. Panitia SIMAK UI juga mengerahkan tim pengawas melalui webcam/kamera smartphone untuk mengawasi berjalannya ujian,” kata Amelita Lusia MSi., Kepala Biro Humas dan KIP UI.

Baca Juga :  Dukung program MBKM, Universitas Tadulako Jalin Kerjasama Dengan Universitas Jember

Materi seleksi SIMAK UI untuk program pascasarjana adalah tes Pengukuran Kemampuan Akademik dan Bahasa Inggris. Pengumuman hasil ujian SIMAK UI hari ini akan diumumkan pada tanggal 23 April 2021 secara online melalui laman www.penerimaan.ui.ac.id dengan mengisi nomor ujian. Seleksi SIMAK UI program pascasarjana dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yaitu gelombang pertama yang sudah terlaksana, gelombang kedua akan dibuka pendaftarannya pada 7 Juni – 9 Juli 2021, dan SIMAK UI program pascasarjana semester genap pendaftarannya akan dilakukan pada Oktober 2021.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1305 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x