World Class Professor 2023, Dorong Peningkatan Kualitas Riset dan Publikasi Dosen

Bali – Memasuki tahun ke-7, geliat program World Class Professor (WCP) Tahun 2023 semakin dirasakan oleh kalangan akademisi. Pada WCP tahun ini, terdapat 40 profesor kelas dunia yang berasal dari 15 negara berkolaborasi dengan dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Program WCP mendorong kolaborasi antara profesor kelas dunia dengan dosen perguruan tinggi Indonesia untuk menghasilkan luaran berupa publikasi internasional bersama atau joint publication. Dari awal pelaksanaan program pada bulan Juli dan berakhir pada bulan November, program ini sudah menghasilkan joint publication jurnal internasional bereputasi Q1 dengan status 1 accepted, 1 published, 13 submitted, 18 under review, dan 1 artikel dengan status accepted di jurnal internasional bereputasi Q2.

Tidak hanya mengejar luaran, program WCP memberikan pengalaman berharga bagi dosen untuk merasakan atmosfer lingkungan kerja profesor kelas dunia. Dengan bermitra dan berinteraksi dengan profesor unggul diharapkan mampu meningkatkan kehidupan akademis, kompetensi, serta kualitas pribadi dosen sehingga berkontribusi dalam pengembangan iptek dan penguatan sistem inovasi nasional.

Baca Juga :  Ditjen Dikti Dukung Upaya Kedaulatan Pangan Indonesia

Direktur Sumber Daya Mohammad Sofwan Effendi menyampaikan program WCP memberi keuntungan bagi akademisi di Indonesia untuk meningkatkan kualitas riset dengan kolaborasi yang dilakukan dalam mendesain joint publication.

Sofwan juga menekankan bahwa pemilihan topik penelitian dalam WCP harus sesuai dengan misi diferensiasi setiap universitas. “Kita tahu Indonesia saat ini tengah fokus pada green economy, blue economy, digital economy, tourism, dan medical device. Jadi riset-riset dari WCP harus mengarah ke situ,” ujar Sofwan pada Annual Seminar World Class Professor di Grand Hyatt Bali, pada 13-15 November 2023.

Sebagai hasilnya, Sofwan berharap program ini akan berdampak pada reputasi publikasi dan perguruan tinggi Indonesia akan terus meningkat dan merangkak ke level dunia. “Semoga dengan program ini akan memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi dan dosen di Indonesia,” imbuh Sofwan.

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa FPIK Unpad Ikuti Pertukaran di Mokpo National University, Korea Selatan

Selain menghasilkan publikasi bersama, luaran lain dalam program WCP ini antara lain draft dokumen pengembangan program capacity building, double degree, joint degree, pengembangan kurikulum, atau mekanisme transfer kredit dalam rangka mendukung akreditasi internasional; pengembangan manual/SOP laboratorium, materi workshop; pelaksanaan guest lecturer yang dilengkapi dengan materi pembelajaran/tutorial atau hasil konsultasi; dan pelaksanaan joint supervision atau external examiner dalam program S2/S3 double degree.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
2760 Views