Ratusan Calon Mitra Hadiri Sosialisasi Pembukaan Pendaftaran Mitra MSIB 7

Jakarta, Kemendikbudristek – Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) akan segera membuka pendaftaran untuk angkatan ketujuh. Dalam rangkaian persiapan angkatan tujuh tersebut, tim program MSIB mengadakan sosialisasi pembukaan pendaftaran khusus untuk mitra pada Jumat (8/3) siang. Ratusan calon mitra pun hadir pada acara yang dilakukan secara daring itu.

Jumlah mitra program MSIB terus meningkat. Di awal program ini dibuka, tercatat ada 122 mitra yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan magang atau kursus dengan proyek akhir di perusahaan kelas dunia. Angka tersebut terus berkembang hingga di angkatan keenam yang baru dilepas pada pertengahan Februari lalu, sebanyak 276 mitra membantu memfasilitasi mahasiswa mencicipi pengalaman terjun langsung ke dunia industri.

Sebaran mitra MSIB sangat beragam. Beberapa Badan Usaha Milik Negara seperti PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Perusahaan Listrik Negera (Persero), Bank Mandiri, hingga perusahaan kelas dunia misalnya Google, Astra International, dan Microsoft telah menjadi bagian dari program MSIB. Lembaga Swadaya Masyarakat contohnya Yayasan Anak Bangsa Bisa, Ruang Belajar Aqil, dan Edufarmers juga merupakan mitra MSIB.

“Kemendikbudristek merancang program MSIB agar bermanfaat bagi semua pihak. Kemanfaatan MSIB kami harapkan dapat menginspirasi generasi muda tentang profesi dan bisnis atau aktivitas yang Bapak/Ibu lakukan di perusahaan atau organisasi,” ucap Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Kiki Yuliati, dalam sambutannya.

Testimoni positif datang dari mitra industri, di mana 98% mitra yang berpartisipasi dalam survei dampak MSIB yang dilakukan pada tahun 2023 menyatakan bahwa MSIB memberikan dampak ekonomi dan sosial. 75% dari responden mitra industri juga mengungkapkan program MSIB dapat menggantikan program Management Trainee (MT).

Baca Juga :  Kampus Mengajar, Pengabdian Penuh Semangat Untuk Belajar Mengajar

Selain itu, perusahaan yang bergabung dengan program MSIB akan merasakan brand building di mana perusahaan akan sejajar dengan mitra-mitra industri terbaik yang telah berkolaborasi dengan MSIB. 68,9% mitra MSIB menilai mahasiswa magang memunculkan ide-ide baru dan melakukan inovasi berdampak.

Kepala Program MSIB, Wachyu Hari Haji, menerangkan dalam paparannya kepada calon mitra bidang prioritas untuk MSIB angkatan tujuh yakni green economyblue economydigital economytourism hospitality, dan health care.

“Bidang-bidang prioritas ini untuk mendukung masa depan. Namun jangan khawatir bagi mitra di luar bidang prioritas ini masih bisa mendaftar menjadi mitra MSIB 7,” jelas Wachyu.

Wachyu juga menyampaikan bahwa untuk MSIB angkatan ketujuh ini, harapannya mitra akan membuka lowongan yang lebih banyak, tentunya sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kepala Bidang Kemitraan Strategis Pelaksana Pusat Kampus Merdeka, Nurhadi Irbath, memaparkan kepada calon mitra bahwa talenta-talenta saat ini yang disebut sebagai modern learner merupakan sosok pembelajar yang akan memberikan inovasi atau terobosan yang sangat luar biasa ketika disuguhkan sebuah pekerjaan yang menantang.

“Anak-anak zaman sekarang akan terpacu menyelesaikan permasalahan proyek-proyek yang ada di perusahaan,” kata Nurhadi.

Baca Juga :  Farmasi Unand Produksi Hand Sanitizer Sendiri

Selanjutnya Nurhadi menjelaskan bahwa sepanjang 2021-2023, program Kampus Merdeka telah diikuti oleh 413 mitra dari berbagai sektor industri. Sebanyak 113.500 mahasiswa tergabung dalam 2.300 proyek di seluruh Indonesia dan menghasilkan berbagai inovasi berkualitas tinggi. Proyek-proyek tersebut melibatkan lebih dari 14.600 mentor dan 5.100 dosen yang memastikan setiap mahasiswa mendapat keterampilan tambahan yang bermanfaat untuk masa depan karier mereka.

Peningkatan produktivitas melalui bantuan yang diberikan mahasiswa MSIB membuat para pegawai di perusahaan mitra MSIB dapat fokus pada hal-hal strategis. Total valuasi nilai inovasi yang dilakukan mahasiswa magang mencapai Rp1,4 miliar. MSIB menjadi salah satu kanal efektif untuk early recruitment, di mana rata-rata program magang MSIB setara dengan 4 bulan program MT dengan total valuasi menggantikan investasi program MT sebesar Rp2,8 miliar.

“Melalui MSIB angkatan 7, besar harapan kami agar target kuota lowongan mencapai lebih dari 50.000 peserta agar peluang untuk melakukan magang semakin terbuka luas dan bisa menjangkau wilayah di seluruh Indonesia,” pesan Sri Suning Kusumawardani, Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, kepada calon mitra.

Untuk calon perusahaan atau organisasi yang tertarik menjadi mitra MSIB 7, jadwal pendaftaran proposal sudah dibuka mulai 26 Februari dan akan ditutup pada 19 April 2024. Proses reviu proposal akan dilaksanakan pada 18 Maret-8 Mei 2024 dan publikasi lowongan akan mulai diinformasikan kepada mahasiswa pada 13 Mei 2024.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...
9839 Views