Program Tales from around the World IISMA Edisi Inggris dan Irlandia: Soft Diplomacy yang sangat Efektif

Tales from around the World adalah sebuah rangkaian kegiatan dari para awardee IISMA dari lima kawasan yang menjadi wadah mahasiswa dari setiap kawasan untuk membagikan pengetahuan, kisah, dan pengalamannya selama menempuh studi di luar negeri. Setelah edisi Australia, Uni-Eropa, dan Asia, kegiatan ini berlanjut ke Kawasan Inggris dan Irlandia yang dilaksanakan pada tanggal 28 November 2022 pukul 19.00 WIB dengan topik Lands of the Lion, Unicorn, and Irish Hare. Program ini dilaksanakan dengan format live webinar atau talkshow dengan para pembicara yang terdiri dari perwakilan awardees IISMA dan perwakilan mahasiswa Indonesia di Inggris dan Irlandia.

Tujuan dari kegatan ini adalah untuk mengenalkan budaya dan lingkungan belajar di perguruan tinggi UK dan Irlandia kepada masyarakat umum serta memberikan dampak sosial yang positif dengan membagikan pengalaman akademik dan non-akademik yang didapat selama mengikuti program IISMA dan menempuh studi di perguruan tinggi UK dan Irlandia.

Para pembicara dalam kegiatan ini terdiri atas Duta Besar Republik Indonesia untuk Inggris, Atase Pendidikan dan Budaya (Atdikbud) KBRI London, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia – Irlandia, Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia – UK, Pembicara Akademik dari Leeds University (Evelyna Nissi Adjikusuma), University College Cork (Gemma Lexita), dan University of Glasgow (Mutiara Dini Isfaizal), Pembicara Non-Akademik dari Lancaster University (Prabowo Noersetyo Arief), University College Dublin (Hafiza Alifia Putri), dan University of Edinburgh (Einsteine Veliyanka).

Baca Juga :  Ditjen Dikti Apresiasi Berbagai Kompetisi dalam Upaya Membangun Talenta Digital Indonesia

Materi-materi yang dipaparkan para narasumebr dalam kegiatan ini sejalan dengan pesan Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Sri Gunani Pratiwi, dalam kesempatan lainnya. “Program IISMA merupakan pintu masuk untuk mengejar cita-cita yang lebih tinggi, tentunya sangat diharapkan setelah para awardee IISMA selesai melaksanakan program IISMA di perguruan tinggi di luar negeri, mereka dapat melanjutkan studinya di program master, bisa di host university program IISMA atau atau di tempat lain”, ungkap Nani. 

Dalam sambutannya, Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan, “Hasil yang telah diperoleh dalam program IISMA ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh stakeholders yang ada. Kami percaya kegiatan IISMA di Inggris dan Irlandia ini dapat semakin baik. Jumlah awardee terbanyak tahun 2021 dan 2022 dimiliki oleh kawasan Inggris dan Irlandia. Kami mengapresiasi pengakuan dari Pemerintah Inggris dan British Council terhadap program ini, serta dukungan dari KBRI London. Kami berterima kasih kepada Bapak Duta Besar yang terus mempromosikan IISMA hingga titik ini. Terima kasih kepada seluruh insiatif awardees dalam mengadakan acara ini yang tentu akan mendatangkan kebaikan bagi para pemirsa dan pendengar”, paparnya.

Baca Juga :  Meminimalisir Penyebaran Virus Corona Universitas Ivet Bentuk Satgas COVID 19

Dr. Desra Percaya, Duta Besar RI untuk Inggris, dengan bangga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan puncak kesuksesan penyelenggaraan program IISMA di UK dan Irlandia dalam bentuk sharing session. “Saya juga senang dan bangga mengetahui bahwa kalian telah mengenalkan Indonesia ke kampus masing-masing melalui berbagai kegiatan budaya. Hal ini merupakan soft diplomacy yang sangat efektif.”

Khairul Munadi, Atdikbud RI di Inggris turut memberikan motivasi kepada para mahasiswa Indonesia agar dapat menginspirasi teman-teman, kampus dan Indonesia khususnya anak-anak mudanya. “Jangan lupa niatkan dan tanamkan cita-cita untuk mewujudkan kondisi yang Anda baik di mana berkesempatan menimba ilmu dan pengalaman untuk dapat direaliasikan di Indonesia. You are the future leaders of Indonesia dan tentunya akan berkesempatan untuk berkontribusi bagi Indonesia”, pungkasnya.

Muhammad Zainul Arifin, Ketua PPI Irlandia mengucapkan terima kasih kepada awardees IISMA karena telah mengenalkan budaya Indonesia ke banyak ranah kehidupan di Irlandia melalui program-program IISMA. Usaha yang dilakukan para mahasiswa yang telah berhasil belajar ke UK dan Irlandia dapat dijadikan teladan bagi para peserta yang mengikuti program ini. Senada dengan hal tersebut, Muhammad Affin Bahtiar, Ketua PPI di UK, menyampaikan bahwa pengalaman teman-teman awardees di Inggris dan Irlandia ini dapat menjadikan mereka menjadi lebih dewasa. PPI UK dan Irlandia akan menyambut para pelajar dan mahasiswa Indonesia yang akan belajar di dua negara ini.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi


Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
544 Views