Perluasan dan promosi program IISMA ke Amerika melalui Education USA Fair

Siaran Pers
Nomor : 93/Sipers/X/2022

Jakarta – Kedutaan Amerika Serikat di Indonesia mengadakan kegiatan pameran beasiswa dan perguruan tinggi Amerika Serikat bertajuk “Graduation Fair Indonesia 2022 Exhibition & Informational Session” pada Sabtu, 22 Oktober 2022 pukul 12:00 WIB – 16:30 WIB di Hotel Park Hyatt Jakarta. Pameran “Graduation Fair Indonesia 2022 Exhibition & Informational Session” merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian acara EducationUSA Fair yang sebelumnya telah dilaksanakan pada 13 Oktober di Jakarta. Acara yang ditujukan untuk khalayak umum ini bertujuan untuk mempromosikan dan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk melanjutkan studinya di Perguruan Tinggi di Amerika Serikat. Dalam pameran tersebut juga terdapat beragam sesi talk show yang membahas seputar persiapan studi dan manfaat menempuh pendidikan di Amerika yang bisa diperoleh mahasiswa Indonesia.

Secara khusus Tim Pelaksana Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan IISMA Vokasi (IISMAVO) diundang untuk memperkenalkan program secara langsung kepada 700 peserta pameran yang hadir. Sebagai salah satu program flagship Kampus Merdeka Kemendikbudristek, IISMA, di tahun 2022 telah memberangkatkan 109 mahasiswa ke 7 Universitas mitra terkemuka di Amerika mulai dari University of Pennsylvania, UC Davis, Boston University, hingga Michigan State University yang juga turut menjadi peserta di kegiatan EducationUSA Fair ini. Selain IISMA, beberapa program unggulan lainnya yang memberikan kesempatan untuk belajar di Amerika seperti LPDP dan Fulbright juga turut serta dalam kegiatan ini.

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Optimis Daya Serap Anggaran di Perguruan Tinggi Capai Target Maksimal di Akhir Tahun

Kegiatan Education USA Fair dibuka oleh Deputy Chief of Mission Michael Kleine dari Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia. Kleine menyampaikan, “Amerika tetap terbuka untuk mahasiswa Indonesia yang tidak boleh terlewat karena banyak kesempatan berharga selama belajar di negara lain khususnya tentang budaya baru dan mengenal lebih diri Anda selama proses adaptasi“. Kegiatan Education USA Fair ini diselenggarakan secara luring dengan 3 sesi, yaitu Info Session 1, Graduate Education Fair, dan Info Session 2. Pada Info Session pertama, diisi mengenai materi IELTS yang disampaikan oleh British Council serta mengenai studi ke Amerika dan beasiswa yang disampaikan oleh LPDP. Kegiatan dilanjutkan dengan pameran pendidikan yang berlangsung di Ballroom Park Hyatt Hotel dan diakhiri dengan info session kedua mengenai TOEFL dan Beasiswa Fulbright.

Baca Juga :  Tantangan Energi Hijau dan Mahasiswa Teknik di Indonesia

Diantara sekian peserta pameran yang berasal dari perguruan tinggi di Amerika Serikat, IISMA yang menjadi salah satu peserta yang turut meramaikan kegiatan EducationUSA Fair di Booth Kemendikbudristek. Dalam pameran tersebut, tim perwakilan IISMA yang bertugas memberikan penjelasan dan menjawab berbagai pertanyaan mengenai program IISMA kepada peserta kegiatan yang datang ke booth dan tertarik dengan program IISMA. Ketua Program IISMA, Rachmat Sriwijaya, menyampaikan, “Program IISMA telah diakui oleh banyak pihak tidak hanya perguruan tinggi di Amerika, namun juga pemerintah Amerika sebagai program yang unik dan inovatif. Selain itu awardee IISMA juga telah dipandang mempunyai keunggulan yang setara dengan mahasiswa asing lainnya dari berbagai penjuru dunia yang studi di perguruan tinggi Amerika”.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

KampusMerdekaIndonesiaJaya

DiktiSigapMelayani

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
540 Views