Pencanangan Zona Integritas, Ditjen Diktiristek Harap Unhas Jadi Penggerak dalam Mewujudkan SDM Unggul

Makassar – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) tengah menggalakan pembangunan Zona Integritas baik di lingkungan Ditjen Diktiristek maupun di perguruan tinggi negeri. Untuk itu, Pelaksana tugas Sekretaris Ditjen Diktiristek Tjitjik Srie Tjahjandarie mengimbau seluruh perguruan tinggi negeri untuk berlomba-lomba dalam membangun Zona Integritas (ZI) demi mewujudkan perguruan tinggi menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Peran perguruan tinggi sebagai agent of change di mana tempat berkumpulnya para akademik di level tinggi, dan diharapkan bisa sebagai penggerak dalam mewujudkan SDM yang unggul, berkualitas, dan maju,” ujar Tjitjik dalam acara Pencanangan Zona Integritas Universitas Hasanuddin (Unhas), Senin (31/10).

Tjitjik mengapresiasi Unhas yang telah membangun Zona Integritas pada seluruh fakultas dan unit kerja yang ada. Hal ini tak lepas dari komitmen yang luar biasa pada semua lini yang ada di Unhas dalam menerapkan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Baca Juga :  Kunjungi Sumut, Plt. Dirjen Diktiristek Dorong Kampus Hindari Intoleransi

“Dari aspek ini kita berharap dapat terus melakukan evaluasi kinerja secara berkelanjutan, ZI WBK ini tidak hanya pada satu unit kerja, tentu kita berharap pada setiap satuan unit kerja dapat mendapatkan predikat sebagai ZI WBK,” harap Tjitjik.

Hiswara selaku tim dari Inspektorat Jenderal Kemendikbudristek menambahkan bahwa untuk mendorong pembangunan ZI, maka perlu membangun role model. Menurutnya, role model tersebut ditempatkan pada pimpinan untuk menjadi keteladanan bagi pihak-pihak yang sedang dibangun reformasinya.

Rektor Unhas Jamaluddin Jompa mengungkapkan pencanangan Zona Integritas sudah dimulai sejak tahun 2020 dengan menunjuk Fakultas Ilmu Budaya. Pada tahun 2022 Unhas akan mencanangkan Zona Integritas di seluruh fakultas, meskipun belum berhasil untuk mendapatkan status tetapi sudah ada pembangunan ZI di Fakultas Ilmu Budaya.

Baca Juga :  Strategi Membangun Sistem Pendidikan Online

Ketua Tim Birokrasi Universitas Hasanuddin, Sumbangan Baja juga mengungkapkan bahwa Unhas berkomitmen untuk menjalankan ZI WBK dan WBBM.

“17 fakultas yang berada di Universitas Hasanuddin masing-masing telah memiliki tim dalam rangka membangun zona integritas ini. Tim tersebut akan menjadi pengendali dalam pelaksanaannya dan dekan sebagai pelindungnya. Pembangunan zona integritas ini akan difokuskan untuk membangun sistem, membangun sumber daya manusia, dan membangun budaya kerja, sehingga bebas dari korupsi dan bebas birokrasi bersih melayani,” tutur Sumbangan.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : G-Magz
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
420 Views