Dorong Pertumbuhan Wirausaha Mahasiswa, Ditjen Diktiristek Selenggarakan Indonesia Student Entrepreneur Camp 2023

Jakarta – Sebagai upaya mendorong pertumbuhan wirausaha di kalangan mahasiswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Indonesia Student Entrepreneur Camp (ISEC) 2023 pada Rabu-Jumat (2-4/8) di Jakarta. Kegiatan yang diikuti 100 orang mahasiswa terpilih ini merupakan rangkaian dari Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023.

Pelaksana Tugas Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Gunani Partiwi menjelaskan bahwa Indonesian Student Entrepreneur Camp (ISEC) diselenggarakan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Lebih lanjut, Sri Gunani menjelaskan bahwa peserta ISEC merupakan mahasiswa-mahasiwa terpilih yang mewakili lebih kurang 100 usaha mahasiswa yang memiliki nilai tertinggi pada setiap kategori usaha. Dalam kegiatan ini mereka akan menerima penguatan pengetahuan entrepreneurship dari narasumber yang telah berkecimpung di dunia kewirausahaan.

Sri Gunani berharap melalui Program ISEC dapat membantu tumbuhnya sumber daya manusia yang memiliki kompetensi sebagai entrepreneur yang nantinya bisa berlanjut menjadi oengusaha-pengusaha muda yang berkontribusi pada peningkatan daya saing Indonesia.

“Melalui ISEC diharapkan muncul entrepreneur-entrepreneur yang mampu membangun bangsa ini, mampu mengolah sumber daya alam yang kita miliki menjadi produk dengan nilai tambah yang tinggi sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju sesuai cita-cita Indonesia emas di tahun 2045”, harap Sri Gunani.

Baca Juga :  Pencanangan Zona Integritas FMIPA Universitas Syiah Kuala

Pada kesempatan yang sama, Core Team Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) Tahun 2023, Nurul Safitri menjelaskan bahwa Program Indonesia Student Entrepreneur Camp (ISEC) merupakan bagian dari program P2MW. Nurul turut memaparkan mengenai materi yang akan didapatkan oleh mahasiswa, yaitu entrepreneur, legal in business, dan solid team building.

“Mahasiswa akan mendapat banyak sekali pemahaman di bidang entrepreneur dari para narasumber-narasumber hebat yang nantinya akan memberikan paparan. Selain itu mereka akan memperoleh pengalaman secara langsung dengan merealisasikan proposal usaha yang akan mereka jalankan”, ujar Nurul.

Sementara itu, peraih Juara 3 APEC Entrepreneurship Education Program, Siti Nuraini membagikan pengalamannya sebagai salah satu delegasi asal indonesia yang berhasil terpilih untuk mengikuti kegiatan mengenai bisnis project yang dilaksanakan di Korea Selatan. Selama mengikuti kegiatan tersebut, ia mendapatkan pembelajaran baru mengenai bagaimana membuat bisnis project yang akan memberikan pengaruh kepada sosial.

“Dalam kegiatan tersebut, saya bekerja sama dengan delegasi dari berbagai macam negara untuk membentuk bisnis project yang nantinya akan kita ajukan. Terdapat banyak sekali kesempatan dan tantangan yang saya hadapi selama menjalani kegiatan ini”, ujar Siti.

CEO of Herbilogy and Stellar Women, Debora Gondokusumo selaku pemateri, memberikan tips dan trik kepada mahasiswa Program Indonesia Student Entrepreneur Camp (ISEC) melalui pengalamannya dalam memulai bisnis agar mahasiswa mampu mendapat pemahaman baru di dunia bisni. Melalui pengalamannya, ia menekankan bahwa untuk menjadi seorang pengusaha, yang dibutuhkan adalah tekad dan visi untuk menjalankan bisnis yang ingin dimulai.

Baca Juga :  Tingkatkan Akses Pendidikan Tinggi, Ditjen Dikti Buka Program Bantuan Pemerintah Penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau Tipe A2 Tahun 2021

“Skill utama yang harus dimiliki pemikiran seorang pengusaha adalah berpikir secara visioner dan mampu berani untuk mengambil tindakan. Saya berharap mahasiswa yang mengikuti Program ISAC mampu menerapkan pemikiran tersebut agar bisnis yang dijalankan akan terus berlanjut untuk kedepannya”, jelas Debora.

Lailatul Muharomah, peserta ISEC 2023 dari Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya sangat antusias mengikuti ISEC 2023. Ia berharap dengan mengikuti ISEC 2023 dapat meningkatkan pengetahuan untuk mengelola bisnis yang ia jalankan. Selain itu ia berharap dapat memupuk networking baik antar peserta ISEC maupun dengan pelaku usaha yang menjadi narasumber.

Melalui Program Indonesia Student Entrepreneur Camp (ISEC), mahasiswa berkesempatan mengikuti Business Trip ke dua perusahaan terpilih yaitu Blibli yang bergerak di bidang e-commerce dan Ever Shine Tex yang bergerak di bidang manufaktur tekstil.
(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

Humas Ditjen Diktiristek
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
853 Views