HEROES Challenge Jadi Sarana Mahasiswa IISMA di Luar Negeri untuk Memperkenalkan Budaya Indonesia

Pelaksanaan Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) yang saat ini tengah diikuti oleh lebih dari 1.500 mahasiswa terus menghadirkan berbagai kegiatan yang ditujukan sebagai media promosi budaya Indonesia. 1.500 lebih mahasiswa yang mengikuti Program IISMA tahun 2023 sendiri tersebar di 140 Perguruan Tinggi Luar Negeri (PTLN) seluruh dunia.

Sebagai program yang ditujukan menjadi sarana pengembangan kompetensi mahasiswa, Kemendikbudristek menyisipkan berbagai kegiatan tambahan yang wajib diikuti oleh para peserta Program IISMA di tengah studi yang mereka tempuh.

Salah satu kegiatan yang saat ini sedang dilaksanakan adalah HEROES (Humanity, Diversity, Culture, Beyond Boundaries) Challenge dengan tema Unity in Diversity dan Modern Heroism yang diselenggarakan dalam berbagai bentuk acara seperti perlombaan khas Indonesia, bazar, pertunjukan kebudayaan, dan .

Dalam pelaksanaannya, Program IISMA juga menjadi langkah diplomasi bagi Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan diplomasi di tingkat internasional melalui pertemuan mahasiswa lokal dan internasional, dosen dan masyarakat. Jaringan dapat diperoleh dengan terlibat dalam kegiatan akademik dan non-akademik di universitas tuan rumah.

Baca Juga :  IISMA Lepas Delegasi Mahasiswa ke Leicester University

“Selain mendapatkan kesempatan untuk belajar di berbagai perguruan tinggi terbaik, peserta Program IISMA juga menjadi mahasiswa yang akan menjalankan peran penting sebagai duta bangsa yang memperkenalkan nilai-nilai budaya luhur bangsa,” tutur Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Nizam pada Juni lalu.

Sejalan dengan poin yang disampaikan oleh Nizam, Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya mengatakan bahwa Program IISMA, selain memberikan kesempatan studi di luar negeri, juga sudah melaksanakan berbagai kegiatan dalam mengenalkan budaya bangsa, salah satunya melalui HEROES Challenge.

“Rangkaian kegiatan di dalam program IISMA, yang salah satunya terdapat HEROES Challenge merupakan kegiatan penting yang membedakan IISMA dengan program flagship Kampus Merdeka yang lainnya. Tidak hanya fokus pada luaran akademik, kegiatan ini merupakan aspek non-akademik sebagai upaya memperkenalkan budaya bangsa di luar negeri,” terang Rachmat Sriwijaya.

Baca Juga :  Pertemuan Perguruan Tinggi Indonesia-Singapura Hasilkan Rancangan Program Kerja Sama

Dalam pelaksanaan periode pertama yang berlangsung pada 8-21 Agustus lalu, HEROES yang diselenggarakan bertema perayaan HUT Indonesia yang diikuti oleh awardees IISMA yang dibagi ke dalam beberapa host university dan kawasan,  seperti Yale University, Amerika Serikat hingga The University of Melbourne di Australia. Selanjutnya HEROES Challenge periode kedua akan dilaksanakan pada 31 Oktober hingga 17 November 2023. Para mahasiswa di masing-masing host university saat ini sedang bersiap menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan tema Hari Pahlawan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
1399 Views