Dirjen Diktiristek Apresiasi Persiapan Fasilitas UTBK di Universitas Indonesia

Depok – Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Dirjen Diktiristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Abdul Haris, memberikan apresiasi kepada Universitas Indonesia (UI) atas persiapan fasilitas yang sangat baik bagi peserta Ujian Tulis Berbasis Kompetensi (UTBK) untuk Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2024. Apresiasi ini disampaikan Haris saat meninjau pelaksanaan UTBK di UI pada (30/4).

Menurut Haris, UI tidak hanya memastikan kelancaran ujian bagi peserta umum, tetapi juga memperhatikan kebutuhan peserta difabel. “Fasilitas yang disediakan oleh UI juga dapat memenuhi kebutuhan para peserta ujian, termasuk peserta difabel,” kata Haris. Ia menegaskan pentingnya memberikan kemudahan akses bagi peserta difabel secara nasional, sehingga mereka dapat menjalani ujian dengan nyaman dan sesuai kebutuhan.

Baca Juga :  Pengembangan STP Perguruan Tinggi Indonesia Semakin Diperkuat

“Saya mengucapkan terima kasih kepada UI karena telah mendukung dan mempersiapkan pelaksanaan UTBK tahun ini dengan baik,” tambah Haris.

Sementara itu, Ketua Umum Penanggung jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024, Ganefri, mengatakan bahwa pelaksanaan SNBT pada hari pertama berjalan lancar dengan tingkat kehadiran peserta mendekati 100 persen. “Sekitar 99 persen, pelaksanaan ujian berjalan sesuai prosedur baku yang berlaku,” ujar Ganefri.

UTBK 2024 diikuti oleh 785.058 peserta, termasuk 830 peserta difabel cacat fisik dan 75 peserta tunanetra. Di UI sendiri terdapat 11 peserta difabel yang mengikuti ujian. Pelaksanaan UTBK tersebar di 74 pusat ujian di seluruh Indonesia.

Dengan persiapan yang matang dan dukungan fasilitas yang memadai, diharapkan pelaksanaan UTBK SNBT 2024 dapat berjalan lancar dan memberikan kesempatan yang setara bagi seluruh peserta, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Baca Juga :  Dirjen Dikti: Dosen Penggerak Bantu Mahasiswa Menemukan Masa Depan
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
285 Views