Xantia Mitochondria Askandar Menjalani Perkuliahan di Arizona State University Amerika melalui Program IISMA Award 2022

Fakultas Seni Media Rekam (FSMR) ISI Yogyakarta patut berbangga hati atas terpilihnya salah seorang mahasiswi dari Program Studi (Prodi) Film dan Televisi angkatan 2020, Xantia Mitochondria Askandar, dalam program Indonesian International Mobility Award (IISMA) 2022.  Xantia mendapatkan beasiswa untuk belajar di Arizona State University, Phoenix, Amerika selama satu semester penuh pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023 ini.  Ia memilih untuk belajar ilmu bisnis di Arizona State University, Amerika karena universitas tersebut berada di ranking seratus besar dunia dan harapannya kelak ia akan menjadi lebih melek finansial dan dapat menopang karirnya kelak di dunia film dan televisi.  Awalnya ketika tahu dirinya terpilih sebagai awardee IISMA 2022, ia berpikir bahwa ia akan berkuliah di University of Zagreb, Croatia yang kala itu ia jadikan pilihan kedua.  Namun, siapa menyangka justru ia mendapatkan kesempatan emas sukses dengan pilihan pertamanya di Arizona State University Amerika.

Baca Juga :  Pembantu Rektor I ISI Yogyakarta Lepas Mahasiswa Magang

Proses seleksi untuk meraih beasiswa dari program IISMA 2022 cukup panjang dan berliku selama beberapa bulan dengan setumpuk dokumen yang harus segera ia siapkan dan beberapa tes yang harus dijalani.  Persaingan untuk merebut beasiswa dari Arizona State University pun sangat ketat. Namun, tekatnya untuk berkontribusi di kancah industri film Indonesia yang dapat bersaing secara global menguatkan langkahnya untuk menempuh semua tantangan tersebut. 

Beberapa saat sebelum keberangkatannya ke Amerika pada 11 Agustus 2022 lalu, Xantia berbagi catatan penting yang semoga dapat menjadi penyemangat teman-teman mahasiswa lainnya:

My mother once told me: “If you try, you either succeed or fail. But if you don’t try, you would only fail…………..So be courageous, you will not regret it!  Now if you are reading this and are thinking of applying for the IISMA program or any other stepping stones that might cross your minds, then congrats: you have the drive to be a winner. Just remember, if you live your life like a champ, think like a champ, and act like a champ, you will eventually become one.”

Program IISMA 2022 diikuti ribuan peserta dari seluruh Indonesia, dan Xantia bersama 7 (tujuh) rekannya dari fakultas lain di ISI Yogyakarta menjadi beberapa mahasiswa Indonesia yang beruntung mendapatkan beasiswa ke luar negeri sebagai awardee IISMA 2022.  

Baca Juga :  GO INTERNATIONAL: GALERI PANDENG MENJADI FIAP EXHIBITION CENTER YANG PERTAMA DI ASIA TENGGARA

FSMR ISI Yogyakarta mengucapkan selamat dan sukses buat Xantia Mitochondria Askandar, dan semoga di manapun berada, panji FSMR YES tetap berkibar.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...
302 Views