Mahasiswa KKN-T IPB University Gelar Sosialisasi dan Demonstrasi Penanganan Sampah serta Pengembangan Pertanian di Desa Cijengkol

Kelompok Kuliah Kerja Nyata-Tematik (KKN-T) IPB University sukses mengadakan kegiatan Sosialisasi dan Demonstrasi Penanganan Sampah serta Pengembangan Pertanian. Bertempat di Gedung Olahraga Mandala Putra Desa Cijengkol, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kegiatan dihadiri oleh 31 peserta terdiri dari segenap perangkat Desa Cijengkol, kepala dusun, ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), karang taruna, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Serangpanjang dan Kelompok Tani Desa Cijengkol.

“Kegiatan ini bentuk upaya kami untuk bisa mengembangkan potensi sektor pertanian serta dapat menangani permasalahan sampah di Desa Cijengkol. Harapannya dengan aksi yang kami buat, menjadi pemantik bagi aparat serta masyarakat desa dalam mengembangkan pertanian di Desa Cijengkol,” ujar Ketua Kelompok KKN-T Desa Cijengkol, M Fadil Muharram.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Pemerintahan Desa Cijengkol, Ramdani mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa KKN-T IPB University yang telah mengabdi dan menjalankan program selama lebih kurang sebulan di Desa Cijengkol. Menurutnya, mahasiswa KKN-T IPB University telah membantu mengembangkan pertanian yang menjadi sektor utama di Desa Cijengkol.

Baca Juga :  Bangkitkan Ekonomi Pasca Gempa Sulawesi Tengah, IAIN Palu Aktifkan Kampus Baru di Kabupaten Sigi

“Adanya kegiatan ini diharapkan dapat bermanfaat, menginspirasi serta mendorong ide, kreativitas dan kemandirian masyarakat Desa Cijengkol untuk membangun desa yang lebih baik terutama dalam hal kelestarian lingkungan dan sektor pertanian,” jelas Fadhil. 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa IPB University menyampaikan terkait penanganan sampah dan pengembangan pertanian. Meliputi pemutaran video pembuatan pestisida nabati serta demonstrasi pembuatan Plant Growth Promoting Rhizobacteria (PGPR) yang sangat bermanfaat untuk pertanian.

“Setelah pemaparan, kami juga melakukan penyerahan tempat sampah sebagai penanganan sampah kepada perwakilan desa yaitu Ibu Cucu Herawati selaku Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Desa Cijengkol,” tutur Fadil.

Penyerahan beberapa produk pertanian berupa buku saku ‘Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman Pertanian’, PGPR, dan pestisida nabati untuk para petani Desa Cijengkol. Produk tersebut diserahkan oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Serangpanjang, Evi Rahayu, SP, MM.

Baca Juga :  Tiga Mahasiswa UNIMED lulus IISMA 2021 untuk Ikuti Perkuliahan di Universitas Top Luar Negeri

Evi Rahayu mengapresiasi dan memberikan nilai plus kepada mahasiswa KKN-T IPB University. Baginya, apa yang diberikan dan disosialisasikan mahasiswa kepada masyarakat/petani sesuai dengan kondisi yang sedang dihadapi oleh mereka. 

“Mudah mudahan di kemudian hari mahasiswa IPB University dapat menerapkan semua pengalaman dan ilmu masyarakat yang sudah didapat selama melaksanakan KKN-T, apapun disiplin ilmunya”, harap Evi. (*/Rz)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
288 Views