96.496 Siswa Lulus SNMPTN 20120

Siaran Pers
Nomor : 029/Sipers/IV/2020

Siaran Pers
Nomor : 029/Sipers/IV/2020

96.496 Siswa Lulus SNMPTN 20120

Jakarta – Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nizam selamat kepada para siswa yang diterima lewat jalur SNMPTN. Hal ini disampaikan pada “Konferensi Pers melalui video conference Pengumuman Hasil SNMPTN Tahun 2020, Rabu (8/4).

“Saya mengucapkan selamat kepada para peserta siswa dan calon mahasiswa yang telah diterima dalam seleksi ini dan yang belum lulus masih banyak kesempatan yang dilanjut dengan SBMPTN dan penerimaan mandiri masuk perguruan tinggi negeri,” ujar Nizam

Dalam kesempatan yang sama Abdul Kahar, menjelaskan bahwa lebih dari 20% dari pendaftar ini adalah calon dari KIP kuliah dan yang telah diterima lumayan banyak, ini tentunya kabar baik bagi kita dan masyarakat pada umumnya.

Ia juga sangat mengapresiasi anak-anak tetap semangat dalam mengikuti SMPTN ditengah pandemik covid-19 ini dibuktikan dari para pendaftar yang tidak menyurutkan semangat mereka untuk meraih prestasi yang lebih tinggi untuk jalur pendidikan tingginya.

Pada kesempatan yang sama juga Ketua LTMPT, Mohammad Nasih menyampaikan langsung hasil pelaksanaan seleksi SNMPTN tahun 2020. Kuota penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi tahun ini terbagi ke dalam beberapa kelompok yaitu SNMPTN (min.20%), SBMPTN (min.40%), dan seleksi Mandiri PTN (maksimal 30%) dari jumlah daya tampung pada masing-masing prodi di PTN.
 
“Tahun ini, perguruan tinggi menyiapkan daya tampung sebanyak 101.722 kursi. Pada seleksi SNMPTN tahun 2020 terdapat 489.601 pendaftar, lebih banyak daripada tahun 2019 sebanyak 478.608 pendaftar. Setelah melalui proses seleksi, sebanyak 96.496 peserta dinyatakan lolos seleksi SNMPTN dengan 25.398 peserta merupakan peserta KIP Kuliah,” ujar Nasih.
 
Selanjutnya siswa yang dinyatakan lolos seleksi SNMPTN harus melanjutkan pendaftaran di perguruan tinggi penerima, serta mengikuti ketentuan yang telah ditetapkan oleh perguruan tingginya. Setelah dinyatakan lolos verifikasi oleh perguruan tinggi, maka peserta tersebut dinyatakan lulus sebagai mahasiswa di PTN tujuan. Waktu pendaftaran ulang di setiap perguruan tinggi berbeda, karenanya siswa diminta untuk melihat langsung laman masing-masing perguruan tinggi.

Bagi peserta KIP Kuliah, akan dilakukan verifikasi secara akademik dan data ekonomi keluarga dan/atau dilakukan kunjungan langsung ke alamat tinggal orang tua peserta SNMPTN 2020. Selanjutnya perguruan tinggi akan melakukan proses verifikasi. Kemudian, peserta baru dinyatakan lulus jika lolos pada proses verifikasi tersebut.
 
Melihat wabah pandemi COVID-19 saat ini, terjadi kerentanan peningkatan masyarakat miskin akibat perlambatan ekonomi. Sehingga, terjadi ancaman bagi peserta yang lolos verifikasi, namun terbebani secara ekonomi dan belum terdaftar sebagai peserta KIP Kuliah. Kebijakan tersebut dikembalikan kepada perguruan tinggi untuk mampu mengarahkan mahasiswa tersebut masuk dalam jalur KIP Kuliah. Kesempatan mendapatkan KIP Kuliah juga terbuka bagi mahasiswa ongoing hingga semester 3 yang rentan masuk dalam masyarakat miskin akibat wabah COVID-19.Kemudian, peserta yang belum lolos pada seleksi SNMPTN tahun 2020 masih memiliki kesempatan untuk mengikuti SBMPTN atau seleksi Mandiri PTN. Selanjutnya seleksi SBMPTN dan UTBK dilaksanakan secara bersamaan yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 5-12 Juli 2020. Mekanisme seleksi sama dengan tahun lalu, hanya berbeda pada waktu pelaksanaan dan hanya menggunakan soal TPS.

Pengumuman hasil SNMPTN 2020 dapat diakses pada pukul 13.00 WIB melalui laman http://pengumuman.snmptn.ac.id/ dengan cara memasukan nomor pendaftaran dan tanggal lahir peserta SNMPTN. Pengumuman hasil seleksi ini juga dapat dilihat pada laman 12 laman PTN mirror lainnya, yaitu :

1. http://snmptn.ui.ac.id
2. https://snmptn.undip.ac.id
3. http://snmptn.ugm.ac.id
4. http://snmptn.unair.ac.id
5. https://snmptn.unsri.ac.id
6. http://snmptn.untan.ac.id
7. http://snmptn.itb.ac.id
8. https://snmptn.its.ac.id
9. http://snmptn.ipb.ac.id
10. http://snmptn.unand.ac.id
11. http://snmptn.unhas.ac.id
12. http://snmptn.unsyiah.ac.id

“Dari pengalaman sebelumnya, banyak siswa yang lolos seleksi SNMPTN mendaftar dan mengikuti seleksi SBMPTN. Akhirnya kami kunci, yang sudah diterima di SNMPTN tidak bisa mendaftar SBMPTN. Hal ini agar tidak terjadi kursi kosong pada kuota SNMPTN, semuanya akan tercatat pada Pangkalan Data Sekolah dan Siswa,” terangnya.

Para siswa yang tidak lulus SNMPTN 2020, masih mendapatkan kesempatan untuk mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan mendaftar seleksi bersama masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. (NN/HIL/AND)

Humas Ditjen Pendidikan Tinggi
Kemendikbud

Please follow and like us:
43

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *