Kontingen Atlet Mahasiswa Indonesia Siap Berlaga di ASEAN University Games (AUG) 2024

Surabaya – Kontingen atlet mahasiswa Indonesia siap berlaga di ajang ASEAN University Games (AUG) 2024. Kesiapan ini tampak dari semangat para atlet mahasiswa dan ofisial pada acara Pelepasan Kontingen Indonesia pada ASEAN University Games 2024 di Auditorium Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Selasa (25/6).

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek Suharti berpesan kepada atlet mahasiswa Indonesia agar memberikan yang terbaik dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. “Mari kita jadikan ASEAN University Games sebagai momentum untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara yang unggul, tidak hanya dalam hal prestasi olahraga, tetapi juga dalam hal budaya, persahabatan, dan sportifitas,” ucapnya seraya memberikan semangat kepada kontingen mahasiswa Indonesia.

“Saya ucapkan selamat bertanding. Berikan prestasi terbaik untuk Indonesia. Saya percaya dengan semangat yang tinggi dan kerja keras kita dapat meraih hasil yang gemilang,” tambah Suharti.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Sri Suning Kusumawardani dalam laporannya menjelaskan bahwa jumlah kontingen Indonesia yang mengikuti AUG 2024 terdiri dari 392 orang atlet mahasiswa, 91 orang ofisial cabang olahraga, 20 orang international technical official, dan 53 orang ofisial kontingen.

Lebih lanjut, Suning menjelaskan bahwa kontingen Indonesia berasal dari atlet Pelatnas dan Pemenang dari ajang talenta Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI).

“Peserta dan atlet berasal dari 140 perguruan tinggi di seluruh Indonesia dan terdapat satu atlet Indonesia yang saat ini sedang berkuliah di China. Hal ini menunjukkan betapa luasnya partisipasi dan kontribusi dari berbagai institusi pendidikan tinggi di Indonesia dalam mendukung prestasi olahraga mahasiswa di tingkat internasional,” jelas Suning.

Terkait dengan persiapan kontingen Indonesia, Suning menjelaskan bahwa persiapan dan pemusatan latihan telah dilakukan selama satu bulan di daerah masing-masing. Perguruan tinggi dan pengurus besar cabang olahraga telah memberikan fasilitas dan bimbingan yang maksimal untuk memastikan para atlet dapat mencapai performa terbaik. Fokus utama dari pemusatan Latihan adalah peningkatan kemampuan teknis, taktik, dan pemahaman tentang nilai-nilai sportivitas dan etika dalam berolahraga.

Baca Juga :  Evaluasi Program Kosabangsa Tahun 2023: Kolaborasi Bersama Tingkatkan Kemandirian Bangsa

“Dalam ajang ASEAN University Games 2024 yang diselenggarakan di Surabaya dan Malang, kita berharap sukses dalam penyelenggaraannya. Kita juga berharap Indonesia mampu meraih prestasi terbaik. Selain itu, kita juga berharap meningkatnya kolaborasi perguruan tinggi di bidang keolahragaan”, harap Suning.

Salah satu atlet mahasiswa Indonesia dari cabang olahraga sport climbing, Philipus Rinaldi Ama Payong dari Universitas Terbuka menyatakan kesiapannya untuk berlaga di ajang AUG 2024. Philipus berharap, ia dan para atlet mahasiswa kontingen Indonesia dapat meraih prestasi dan memberikan yang terbaik untuk Indonesia. “Semoga saya dan Tim Indonesia dapat mempersembahkan prestasi terbaikbagi bangsa dan negara”, harap Philipus.

Suhardi Pelatih Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI), salah satu ofisial dari Kontingen Indonesia berharap para atlet bisa menampilkan prestasi terbaiknya sesuai dengan target yang telah ditetapkan. “Mudah-mudahan harapan kami dapat tercapai. Para atlet sudah diberikan bekal untuk meraih medali dengan sebaik-baiknya dan mempersebahkan kemampuan yang terbaik”, harap Suhardi.

Pada hari yang sama, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Ario Bimo Nandito Ariotedjo, secara resmi membuka perhelatan AUG di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Pembukaan AUG turut dihadiri atlet, pelatih dan official tim dari masing-masing negara dan jajaran pimpinan ASEAN University Sports Council (AUSC) serta dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Staf Ahli Mendikbudristek bidang Manajemen Talenta, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek, PP BAPOMI (Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia), jajaran federasi, organisasi olahraga pusat hingga daerah, pemerintah daerah-kota, dan pihak-pihak lainnya.

ASEAN University Games (AUG) merupakan ajang olahraga dua tahunan yang melibatkan atlet dari perguruan tinggi di negara-negara anggota ASEAN. Di bawah naungan ASEAN University Sports Council (AUSC), AUG untuk pertama kali diadakan di Chiang Mai, Thailand pada 1981. Indonesia telah menjadi tuan rumah AUG sebanyak lima kali, yaitu pada tahun 1982, 1990, 2004, 2014, dan 2024.

Baca Juga :  Ditjen Diktiristek Jalin Kerja Sama dengan BNI untuk Dukung MBKM

Tahun ini Indonesia berkesempatan menjadi tuan rumah AUG yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juni hingga 6 Juli 2024 di Jawa TImur (Surabaya-Malang).

AUG 2024 mempertandingkan sebanyak 21 cabang olahraga (cabor) meliputi, Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Swimming, Sport Climbing, 3X3 Basketball, Judo, Handball, Wushu, Bridge, Chess, Athletics, Basketball, Badminton, Archery, Beach Volleyball, Sepak Takraw, Taekwondo, Pencak Silat, dan Karate.

Jalannya pertandingan cabang olahraga (cabor) dilaksanakan di sejumlah lokasi yang melibatkan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Timur dan 9 perguruan tinggi, di Surabaya dan Malang. Adapun venue cabor AUG 2024 terbagi dalam dua klaster yaitu, Klaster Surabaya di: 1) Universitas Negeri Surabaya (UNESA): Futsal, Petanque, Volleyball, Tennis, Athletics, dan Basketball; 2) KONI Jatim: Swimming, dan Sport Climbing; 3) Universitas Airlangga (Unair): 3X3 Basketball, dan Judo; 4) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS): Handball; 5) Universitas Surabaya (Ubaya):  Wushu, dan Bridge; dan 6) UPN Veteran Jatim: Chess

Selanjutnya untuk Klaster Malang terletak di: 1) Universitas Negeri Malang (UM): Badminton, Archery, dan Beach Volleyball; 2) Universitas Brawijaya (UB): Sepak Takraw, dan Taekwondo; 3) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM): Pencak Silat; dan 4) Universitas Islam Malang (Unisma): Karate.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Indonesia memiliki maskot MAS SUMA sebagai maskot AUG 2024. MAS SUMA merupakan akronim dari (MASKOT ASEAN UNIVERSITY GAMES SURABAYA MALANG). Maskot tersebut dilambangkan dengan perpaduan antara gambar buaya, hiu dan singa.

(YH/DZI/FH/DH/NH/SH/MSF)

*Humas Ditjen Diktiristek*
*Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi*

Laman : www.diktiristek.kemdikbud.go.id
FB Fanpage : @ditjen.dikti
Instagram : @ditjen.dikti
Twitter : @ditjendikti
Youtube : Ditjen Diktiristek
E-Magz Google Play : Satu Dikti
Tiktok : Ditjen Dikti

#KampusMerdekaIndonesiaJaya
#DiktiSigapMelayani

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
2187 Views