Unsri Lepas 587 Mahasiswa KKN Tematik Angkatan Ke- 97

Universitas Sriwijaya (Unsri) melepas sebanyak 587 mahasiswanya untuk mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ke-97 yang tersebar di 3 Kabupten yakni, Lahat, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Muara Enim (ME). KKN Tematik yang diberi tema “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Desa, Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Keterampilan Generasi Muda, serta Pengembangan Potensi Wisata di Kabupaten Lahat, OKI, dan Muara Enim” ini akan dilaksanakan dari tanggal 5 Desember sampai dengan 13 Januari 2023. Mahasiswa KKN Tematik tersebut dilepas secara resmi oleh Rektor Unsri, Prof Dr. Ir. H. Anis Saggaff, MSCE, IPU, ASEAN Eng. bertempat di Halaman Graha Sriwijaya Unsri Bukit Besar Palembang, Senin (5/12/2022).

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa KKN merupakan puncak daripada pendidikan sebelum melaksanakan skripsi. KKN adalah suatu mata kuliah pilihan dan jika boleh memilih Rektor memilih wajib KKN karena menurutnya KKN adalah suatu perkuliahan yang sangat nikmat dan penuh kenangan indah. “Zaman saya dulu wajib KKN, tapi di tahun 90-an kita beubah jadi mata kuliah pilihan tapi sekarang banyak Perguruan Tinggi yang sudah kembali mewajibkan KKN. Adik-adik sekalian sangat beruntung, manfaatkan betul kesempatan KKN ini berinteraksilah dengan masyarakat dan Kades di sana, bantu apa yang mereka perlukan buatlah karya sebanyak-banyaknya,” ujar Rektor.

Baca Juga :  LLDIKTI XI-Pemkab HST MoU "Merdeka Belajar Kampus Merdeka" Dukung Bangkitnya Kalsel Pasca Banjir

Pada kesempatan itu Rektor juga berpesan agar menjaga etika dan moral serta menjaga nama baik almamater Unsri selama melaksanakan KKN “Selamat jalan, selamat mengikuti KKN, selamat menikmati hidup di desa buatlah itu sebagai rumah anda sendiri, menimbalah ilmu kepada masyarakat kita di desa dan mudah-mudahan semua berjalan dengan baik” pungkas Rektor.

Sementara itu, Ketua lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Unsri, Samsuryadi, S.Si., M.Kom., Ph.D. menyebutkan KKN Tematik ini merupakan angkatan ke-97 yang diikuti oleh 587 mahasiswa Unsri terdiri dari 4 Fakultas, yaitu Fakultas Pertanian (FP), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). “Para peserta merupakan mahasiswa yang berasal dari 4 fakultas dengan jumlah masing-masing, Fakultas KIP 76 orang, Fakultas ISIP 3 orang, Fakultas MIPA 26 orang, dan Fakultas Pertanian 482 orang. Sementara Dosen Pembimbing Lapangan yang diterjunkan sebanyak 23 orang. Seluruh mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19,” ujarnya.

Baca Juga :  Rektor ISI Yogyakarta Buka Pameran Konvergensi – Pasca Tradisionalisme

Samsuryadi mengatakan untuk mengantar keberangkatan mahasiswa tersebut, Unsri menggunakan 19 unit bis. Masing–masing bis ke Kabupaten Ogan Komering Ilir 4 unit, Muara Enim 4 unit, dan Lahat 11 unit. “Pemberangkatan peserta dilaksanakan secara bertahap, tahap I tanggal 5 Desember dan tahap II keesokan harinya, yaitu pada tanggal 6 Desember 2022. Sedangkan untuk penjemputan mahasiswa KKN Tematik rencananya tanggal 13 Januari 2023,” kata Samsuryadi. (Humas_Unsri)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
155 Views