Universitas Indonesia dan ILUNI UI Terima Penghargaan Bidang Penanggulangan Bencana dari BNPB

Universitas Indonesia (UI) menerima penghargaan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) karena dinilai berpartisipasi aktif, konsisten, serta berkontribusi dalam penanggulangan bencana. Piagam tersebut diserahkan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo kepada Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K) dalam kegiatan “Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana (Rakornas PB) 2021” di Graha BNPB, Jakarta. 

Rakornas PB 2021 yang diselenggarakan secara virtual di tengah Pandemi Covid-19 ini dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (3/3). Penyerahan penghargaan ini dilaksanakan pada hari kelima atau penutupan Rakornas PB 2021 sebagai upaya sinergi pentaheliks, kolaborasi, dan kerja sama tak hanya di tingkat pusat tetapi juga di daearah yang dilakukan BNPB dalam penanggulangan bencana di Indonesia.

“UI secara konsisten melakukan pengembangan penelitian kebencanaan, memberikan pelatihan-pelatihan kebencanaan, dan kuliah kerja nyata tematik kebencanaan. Kami merasa bangga karena semua upaya tersebut mendapat apreasisi dari pemerintah,” ujar Nurtami Ph. D. “Selain itu, melalui UI Peduli, kami berpartisipasi aktif melakukan program pengabdian masyarakat hingga ke pelosok-pelosok negeri. Para dosen juga aktif melakukan pengabdian masyarakat sesuai disiplin ilmu mereka, ke seluruh Indonesia, dengan dukungan Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM) UI,” katanya.

Baca Juga :  FKH Unsyiah Audiensi Ke Polda Aceh Terkait Program Kampus Merdeka

BNPB juga memberikan piagam penghargaan kepada Ikatan Alumni UI (ILUNI), yang diterima oleh Ketua Umum ILUNI, Andre Rahadian, S.H., LL.M., M.Sc. sekaligus Ketua Relawan Satuan Tugas Penanganan Covid-19. Penghargaan ini diberikan atas intensitas, konsistensi, dan inovasi dalam penanggulangan bencana di tanah air. Selama ini, ILUNI aktif menerjunkan anggotanya menjadi relawan ke daerah bencana. UI memeroleh penghargaan pada kategori perguruan tinggi negeri, sedangkan ILUNI UI berada dalam kategori Lembaga dan Masyarakat bidang penanggulangan bencana tahun 2021. 

Tahun ini adalah kedua kalinya ILUNI UI mendapatkan penghargaan dari BNPB. “Penghargaan untuk ILUNI UI merupakan apresiasi kepada teman-teman alumni yang  selalu hadir dalam penanganan bencana di tiga tahap kebencanaan mulai dari pra bencana, tanggap darurat, dan pascabencana yang melakukan rehabilitasi rekondisi berkolaborasi dengan semua rumpun yang ada di UI, termasuk membawa inovasi dari fakultas-fakultas yang ada di UI. Kami bekerja sama dan saling dukung dengan Disaster Risk Reduction Center (DRRC) UI,” ujar Andre.

Baca Juga :  Pakar Ilmu Konsumen dan Ekonomi Keluarga IPB University Bagikan Tips Menghentikan Kebiasaan Berhutang

BNPB menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah pihak yang telah terlibat secara aktif dalam penanggulangan bencana, baik itu bencana alam maupun non alam, seperti pelestarian alam, penanganan darurat bencana maupun Covid-19, sebagai bentuk apresiasi dan semangat untuk tetap terjaga dan berkelanjutan untuk mewujudkan resiliensi bangsa. Penghargaan diberikan kepada unsur pemerintah daerah, masyarakat, akademisi, lembaga usaha dan media massa.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
385 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x