Undana Kolaborasi dengan PLN Icon Plus, Indosat, GOTO dan Telkom Indonesia

BALI – Universitas Nusa Cendana (Undana) terus meningkatkan kerja sama dengan berbagai stakeholder, terutama pemerintah, Dunia Usaha dan Industri (DUDI) bertaraf nasional. Kali ini, 4 (empat) pimpinan mitra yang melakukan kolaborasi dengan Undana, yakni yakni PLN Icon Plus, PT. Indosat Tbk, PT. GOTO Gojek Tokopedia, dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Persero).

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Rektor Undana, Prof. Dr. drh. Maxs U. E. Sanam, M.Sc dengan Iwan Sofyan Sory selaku General Manager SBU Bali dan Nusa Tenggara PT INDONESIA COMNETS PLUS (PLN Icon Plus), Muhammad Buldansyah selaku Direktur & Chief Business Officer PT Indosat Tbk, Rayi Sukma Bimantara selaku Kuasa Direksi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, dan Anak Agung GDE Pemayun selaku General Manager Witel NTT.

Pelaksanaan MoU dilaksanakan di sela-sela penutupan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) di Jimbaran, Bali, 20 Januari 2023.

Penandatanganan MoU turut disaksikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. drh. Annytha Ina Rohi Detha, M.Si, WR Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Paul G. Tamelan, M.Si, WR Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc dan WR IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Sistem Informasi, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng. Hadir pula jajaran pimpinan tingkat Pascasarjana, Fakultas, Biro, Lembaga, dan UPT.

WR IV Undana, Prof. Dr. Jefri S. Bale, ST., M.Eng menjelaskan Undana berupaya memaksimalkan RTM kali ini dengan melakukan penandatanganan dengan 4 mitra potensial.

Menurutnya, kerja sama tersebut penting, karena dapat mendukung Indikator Kinerja Utama (IKU) 6 Kemendikbudristek. Apalagi, mitra kerja sama bertaraf nasional tentu saja memiliki bobot yang lebih tinggi dalam mendukung kinerja kerja sama

Baca Juga :  Dua Ahli Patologi Veteriner USA Berbagi Ilmu di FKKH Undana

Ia mengemukakan, Undana tidak hanya meningkatkan kuantitas kerja sama, tetapi lebih dari itu dapat memberi dampak positif bagi mahasiswa dan dosen yang terlibat dalam implementasi nantinya.

Undana, dengan visi universitas berorientasi global, Prof. Jefri dengan peningkatan kerja sama tersebut akan mendukung transformasi Undana menuju akreditasi unggul dan menjadi Perguruan Tinggi Negeri – Badan Hukum (PTN – BH) pada 2027 mendatang.

Ia berharap, kerja sama tersebut dapat bermanfaat tidak saja bagi Undana tapi bagi keempat mitra.

Sementara itu, Rektor Undana, Prof. Dr. Maxs Sanam menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas komitmen kerja sama yang dilakukan Undana dengan empat DUDI.

Ia menjelaskan, paradigma pendidikan tinggi saat ini mengalami reformasi, terutama melalui MBKM.

Kerja sama tersebut, tentu saja akan memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih DUDI sebagai tempat belajar, tidak saja di kampus; kelas, laboratorium, maupun di perpustakaan

“Keberadaan 4 mitra ini merupakan suatu berkah bagi Undana, apabila Undana menyambut baik, terutama oleh pimpinan tingkat fakultas. Kerja sama ini dapat dimanfaatkan sebagai peluang untuk magang, PKL dan lainnya,” tutur Prof. Maxs.

Rektor juga meminta agar melalui kerja sama tersebut, praktisi dari ke empat mitra dapat berbagai ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi para mahasiswa Undana.

Untuk diketahui, kerja sama Undana dengan PT PLN Icon Plus tentang pelaksanaan tridarma perguruan tinggi melalui penyediaan layanan teknologi dan informasi bertujuan untuk meningkatkan hubungan kerja sama secara komprehensif melalui penyediaan layanan teknologi informasi, sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas pelayanan, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaab.

Baca Juga :  Undana-Unisri Jalin Kerja Sama Tridharma

Kerja sama dengan PT Indosat Tbk tentang sinergi penyelenggaraan Pembangunan teknologi, informasi dan komunikasi melalui tridarma perguruan tinggi. Tujuannya, untuk memanfaatkan sumber daya sesuai kapasitas yang dimiliki PARA PIHAK dalam upaya bersama untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pembangunan teknologi informasi dan komunikasi, melalui pelaksanaan tridarma perguruan tinggi.

Kerja sama dengan PT. GOTO Gojek Tokopedia Tbk tentang sinergitas perguruan tinggi dan dunia usaha dalam mendukung pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan pengembangan kelembagaan. Ruang lingkup kerja sama tersebut adalah: Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat; Pelaksanaan program pembelajaran dunia kerja bagi mahasiswa yang terpilih di regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara; Kolaborasi layanan PT GOTO di kampus Universitas Nusa Cendana; dan Kerja sama lainnya yang disepakati secara tertulis oleh kedua belah pihak.

Selanjutnya, MoU dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk tentang pengembangan institusi melalui kerja sama, peningkatan tridarma perguruan tinggi dan pelaksanaan Merdeka belajar kampus Merdeka. Ruang lingkup kerja sama, yakni:

Penyelenggaraan proses pembelajaran dengan melaksanakan kegiatan Tridarma Perguruan  Tinggi dan Program  Merdeka  Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan dilaksanakan dalam rentang waktu atau periode tertentu yang disepakati oleh kedua belah pihak, dan proses pembelajaran di luar kampus secara langsung dalam rangka pengembangan dan peningkatan mutu pelaksanaan Pendidikan di Telkom Witel NTT. (rfl)

FOTO-FOTO

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
703 Views