UI GreenMetric Umumkan Peringkat Fakultas Penerapan Indikator Kampus Berkelanjutan

Setelah mengumumkan pemeringkatan di tingkat dunia dan Asia, UI GreenMetric kembali merilis peringkat fakultas/sekolah/program pendidikan yang berhasil menerapkan indikator kampus berkelanjutan di tingkat Universitas Indonesia (UI). Fakultas Teknik (FTUI), Fakultas Psikologi (F.Psi UI), Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB UI) menduduki peringkat pertama, kedua, ketiga se-UI. Pengumuman dilakukan secara daring, pada Senin (21/12), yang diumumkan langsung oleh Ketua UI GreenMetric World University Rankings, Prof. Dr. Riri Fitri Sari, M.Sc., MM, serta disaksikan oleh Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro, S.E., MA., Ph. D, Ketua Senat Akademik UI, Prof. Nachrowi Djalal Nachrowi, MSc., MPHil., Ph.D, Ketua Dewan Guru Besar UI, Prof. Dr. Harkristuti Hernowo, SH., MA, para Wakil Rektor dan Sekretaris Universitas Indonesia, serta para Dekan, Direktur Sekolah/Direktur program Pendidikan Vokasi.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Dr. Ir. Gandjar Kiswanto, M.Eng, Direktur Operasi dan Pemeliharaan Fasilitas UI sekaligus Ketua Gugus Tugas Kampus UI Lestari mengatakan sejumlah fokus perhatian yang akan dikembangkan UI di dalam meningkatkan keberlanjutan lingkungan di dalam kampus diantaranya, meningkatkan jumlah lahan hijau terbuka melalui konversi lahan parkir dan lahan bangunan lainnya, meningkatkan konservasi air atau pemanfaatan air limbah dan air hujan supaya dapat digunakan kembali untuk pengairan taman dan pemanfaatan lainnya, pengawasan dan pengukuran limbah yang dihasilkan, pengurangan atau bahkan penghilangan sampah plastik dari gelas atau pun botol plastik sekali pakai di seluruh lingkungan kantin di UI ataupun saat setiap pertemuan, mengurangi penggunaan kendaraan yang masuk ke dalam lingkungan kampus UI, meningkatkan penggunaan kendaraan zero emission di dalam lingkungan kampus, meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan di dalam lingkungan kampus, baik peningkatan daya, maupun menambah jumlah sumber energi terbarukannya, menerapkan untuk gedung- gedung baru dan renovasi di lingkungan UI yang mengacu pada standar bangunan green building, dan menerapkan program efisiensi air, dan energi listrik.

Baca Juga :  IPB University Tindaklanjuti Kerjasama dengan Microsoft

“Untuk mewujudkan kampus berkelanjutan dan pencapaian 17 tujuan SDG’s di tingkat nasional maupun di dalam kampus, UI memerlukan dukungan dan sinergi dari seluruh fakultas/sekolah/program pendidikan vokasi. Pemeringkatan ini bukan sebagai ajang berkompetisi melainkan sebagai upaya apresiasi serta evaluasi untuk menjadi jauh lebih baik. Tahun ini, kami berbangga hati melihat kemajuan capaian skor masing-masing fakultas/sekolah/program pendidikan Vokasi sudah melampaui KPI yaitu di atas skor 5.000,” ujar Rektor UI, Prof. Ari Kuncoro.

Selain pemeringkatan, UI juga memberikan penghargaan atas capaian fakultas/sekolah/program pendidikan vokasi terbaik per indikator. Pada parameter Pengelolaan Fasilitas dan Infrastruktur Terbaik 2020 diberikan kepada Program Pendidikan Vokasi UI. Penghargaan Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim Terbaik 2020 di UI diberikan kepada FIB UI. Penghargaan Pengelolaan Limbah Terbaik 2020 di UI diberikan kepada FTUI. Penghargaan pada indikator Pengelolaan Air Terbaik 2020 di UI diberikan kepada FTUI dan F.Psi UI. Penghargaan atas Pengelolaan Transportasi Terbaik 2020 di UI adalah Sekolah Ilmu Lingkungan (SIL UI) dan Sekolah Kajian Strategik dan Global (SKSG UI). Penghargaan kepada Fakultas dengan Pengelolaan Pendidikan dan Penelitian Berkelanjutan Terbaik 2020 di UI diberikan kepada F.Psi dan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM UI), serta penghargaan fakultas dengan Peningkatan  Terbaik di Kriteria UI GreenMetric World University Rankings 2020 adalah SIL UI dan SKSG UI.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Kini, UI GreenMetric World University Rankings semakin mendunia dan semakin banyak diikuti oleh perguruan tinggi di berbagai negara. Pada tahun ini, jumlah peserta mencapai 912 universitas dari 84 negara di dunia, bertambah dari sebelumnya (2019) sebanyak 780 Perguruan Tinggi dari 85 negara. Beberapa negara yang baru bergabung di tahun 2020 adalah Kuwait, Lithuania, dan Belarusia. Di Indonesia, terdapat 88 Perguruan Tinggi yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. Penilaian UI GreenMetric dilandasi atas tiga pilar, yakni Lingkungan hidup, Ekonomi, dan sosial dengan bobot indikator penilaian yang terdiri atas Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), Energi dan Perubahan Iklim (21%), Pengelolaan Sampah (18%), Penggunaan Air (10%), Transportasi (18%), serta Pendidikan dan Riset (18%).

Baca Juga :  UI Siapkan Arsiparis Kompeten Level D4 di Prodi Manajemen Rekod dan Arsip

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id ; 08151500-0002)

DAFTAR PERINGKAT

UI GREENMETRIC FACULTY RANKING 2020

1.             Fakultas Teknik (Total Skor: 8875)

2.             Fakultas Psikologi (8425)

3.             Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (8400)

4.             Fakultas Ilmu Keperawatan (8075)

5.             Fakultas Kesehatan Masyarakat (7925)

6.             Program Pendidikan Vokasi (7775)

7.             Sekolah Ilmu Lingkungan dan Sekolah Kajian Stratejik & Global (7325)

8.             Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (6900)

9.             Fakultas Kedokteran (6850)

10.          Fakultas Ilmu Komputer (6550)

11.          Fakultas Kedokteran Gigi (6400)

12.          Fakultas Farmasi (6400)

13.          Fakultas Ilmu Administrasi (6275)

14.          Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (6275)

15.          Fakultas Ekonomi dan Bisnis (5900)

16.          Fakultas Hukum (5675)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
415 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x