UI Gelar Pameran Virtual Bursa Kerja, Magang, Beasiswa, dan Wirausaha 2021

Direktorat Pengembangan Karier Lulusan dan Hubungan Alumni (DPKHA) Universitas Indonesia  (UI) melalui Career Development Center (CDC UI) menyelenggarakan pameran dan seminar virtual yang menyajikan berbagai peluang kerja, magang, beasiswa, dan kewirausahaan bernama UI Career, Internship, Scholarship & Entrepreneurship (CISE) Virtual Expo 2021, mulai 23 – 29 Maret 2021. Acara serupa yang digelar tahun 2020, mendapat tanggapan yang sangat positif, sehingga UI CISE Virtual Expo 2021 diproyeksikan akan menarik perhatian 150.000 mahasiswa dan fresh graduates dari UI dan umum.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Prof. Dr.rer.nat. Abdul Haris membuka kegiatan UI CISE Virtual Expo 2021 yang dilaksanakan secara daring pada Selasa (23/3). Turut hadir secara virtual, Menteri Ketenagakerjaan Dr. Hj. Ida Fauziyah, M.Si. dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D. Acara tersebut dihadiri pula oleh beberapa perguruan tinggi seperti Prof. Dr. H. Obsatar Sinaga, M.Si (Rektor Universitas Widyatama Bandung), Dr. Susyanto, M.Si (Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Bengkulu bidang kemahasiswaan dan alumni), Rudy Handoko (Direktur Kemahasiswaan Universitas Prasetya Mulya), serta pimpinan perusahaan sponsor utama, Irwan Akhir selaku Group Head, Organization, and People Learning and Culture dari PT Paragon Technology and Innovation.

Dirjen Dikti Prof. Nizam mewakili Mendikbud Nadiem Makarim menyampaikan selamat dan mengapresiasi UI yang berinisiatif mengadakan kegiatan ini. “Mengingat masa pandemi ini berdampak pada peluang kerja bagi para sarjana baru maka kesempatan kerja ini menjadi perhatian kita bersama. Oleh karena itu kerja sama gotong royong antara perguruan tinggi dan dunia kerja sangat penting. Kami berharap semoga UI CISE Virtual Expo turut mengakselerasi lahirnya para entrepreneur baru yang bisa menggerakkan perekonomian nasional dan mendorong kemajuan dunia industri.”

Baca Juga :  UGM Buka Program Studi Sarjana Teknik Infrastruktur Lingkungan

Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris berharap bahwa acara ini dapat menjembatani lulusan dan mahasiswa dengan industri/penyedia kerja. “Diharapkan kegiatan ini dapat membuka cakrawala berpikir mengenai karier dan mampu mendorong para alumni untuk selalu dapat berkarya, serta memiliki cara pandang yang positif dalam melanjutkan karier mereka di masa mendatang,” ujarnya.

Dr. Hj. Ida Fauziyah menyampaikan dalam sambutannya mengatakan bahwa ia sangat mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan UI CISE Virtual Expo 2021. Di tengah masa pandemi Covid-19 yang sulit ini, kegiatan seperti UI CISE Virtual Expo sangat ditunggu. Kegiatan ini diharapkan menjadi sarana untuk memperkuat kolaborasi dan kompetensi bagi lulusan perguruan tinggi di Indonesia. “Setidaknya ada dua hal penting yang menjadi syarat untuk memenangkan persaingan di era disrupsi dan digitalisasi ekonomi saat ini. Hal yang pertama, setiap individu harus memiliki kompetensi yang memadai terutama yang dibutuhkan labour market. Peningkatan kompetensi ini dapat dilakukan melalui pendidikan formal, vokasi, atau pemagangan. Hal yang kedua adalah kolaborasi, dengan berkolaborasi setiap orang mudah membangun usaha dengan memanfaatkan teknologi digital serta tidak mengandalkan kepemilikan pribadi atau keluarga,” ujarnya.

Ajang ini telah diselenggarakan 15 tahun berturut-turut dan tahun ini merupakan penyelenggaraan yang ke-31. Kepala CDC UI sekaligus Ketua UI CISE Virtual Expo 2021, Prof. Dr. drg. Sandra Fikawati, MPH, mengatakan, “Tujuan utama kegiatan ini adalah sebagai wadah untuk mempertemukan para alumni UI dengan perusahaan-perusahaan yang sedang membutuhkan tenaga kerja, serta memfasilitasi lulusan yang ingin melanjutkan studi. Kami bertekad untuk terus berkreasi dan berinovasi untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan SDM di Indonesia.”

Baca Juga :  Mahasiswa Kedokteran Hewan IPB University Amati Perilaku Owa Jawa di Habitat Aslinya

Lebih lanjut, Prof. Sandra Fikawati menyampaikan dalam laporan kegiatan pada pembukaan UI CISE Virtual Expo 2021 bahwa pada acara ini tercatat 160 peserta mitra UI yang terdiri dari 45 perusahaan nasional dan multinasional yang membuka program rekrutmen dan internship, 11 lembaga/universitas pemberi beasiswa (scholarship) baik dari dalam maupun luar negeri, 29 kewirausahaan (start-up) yang menginspirasi, 55 media partner pendukung, 20 mitra perguruan tinggi/lembaga pendidikan, dan 78 sesi webinar. Kegiatan pameran virtual ini dapat diakses melalui alamat https://www.klob.id/UI-CISE2021.

CDC UI selaku pelaksana acara telah membuktikan diri sebagai pioner, kreator, dan inovator kegiatan yang meneliti dan menjembatani hubungan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. UI CISE Virtual Expo 2021 terselenggara berkat sinergi CDC UI dengan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI); Klob (platform talenta untuk career development dan matchmaking); dan The 10th Student Access to do Internship (SUCCESS) FEB UI. Selain itu, CDC UI juga didukung oleh Direktorat Inovasi dan Science Techno Park Universitas Indonesia (DISTP) dan Kantor Urusan Internasional (KUI) menawarkan kesempatan melanjutkan peluang studi dan berwirausaha pada lulusan UI, serta membuka peluang bagi pengunjung dan tenant entrepreneur untuk menawarkan produk dan peluang kerja sama.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
398 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x