Tim Undiksha Raih Medali Emasi Tingkat Internasional Melalui “Eco Paving Block”

Singaraja- Mahasiswa Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) berhasil menyabet Medali Emas dalam ajang World Youth Invention and Innovation Award (WYIIA) yang diselenggarakan oleh Indonesian Young Scientists Association (IYSA) dengan kolaborasi bersama Universitas Negeri Yogyakarta.

Pada malam penganugrahan yang diselenggarakan 21 Agustus 2021, tim Undiksha yang terdiri atas Gede Gery Apriliana Putra dari Prodi Kimia, I Putu Raka Nata dari Prodi Pendidikan Fisika, Kadek Sri Andriani dari Prodi Kimia, Komang Sarini Dewi dan Ni Putu Ayu Niya Loviyani dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris juga meraih pengharagaan MIICA Special Award. Dimana Kompetisi ini diikuti oleh 377 tim dari 35 negara dunia.

Ketua tim, Gery Apriliana Putra menjelaskan karya inovatif tersebut mengedepankan konsep ramah lingkungan dengan produk berupa paving block, dengan karya yang berjudul “Recycling Plastic Waste Mixed with Riced Husk Ash and Natural Inorganic Pigments into Environmentally Friendly Decorative Paving Block”.

Baca Juga :  Akademisi Farmasi dan Psikologi UI Kolaborasi Beri Edukasi dan Layanan Konseling Kesehatan Mental

Produk ini terbuat dari limbah sampah plastik yang dipadukan dengan limbah sekam padi dan batu merah Tajun sebagai pigment anorganik alami yang tahan luntur meskipun diguyur air hujan dan terik matahari. “Keunggulan yang dimiliki eco paving block, yaitu memiliki nilai estetika dengan paduan warna merah yang tahan luntur, memiliki kuat tekan yang tinggi, daya serap air yang rendah, tidak lumutan dan tidak licin sehingga memberikan keamanan dan kenyamanan bagi penggunanya,” jelasnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Hubungan Masyarakat Undiksha, Prof. Dr. I Wayan Suastra, M.Pd., memberikan apresiasi terhadap prestasi ini. “Kami dari pimpinan sangat mengapresiasi dan bangga dengan mahasiswa karena tetap semangat berkompetisi dan berprestasi di tengah pandemi ini. Prestasi tidak hanya penting untuk universitas, tetapi penting juga untuk mahasiswa dalam meningkatkan daya saing,” ungkapnya. (hms)

Baca Juga :  Berhadiah 1 Milyar, Prodi Lingkup UTU Ditantang Ikut Kompetisi Kampus Merdeka
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
256 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x