Rektor UTU Targetkan 500 Mahasiswa UTU Ikuti Magang Kampus Merdeka

MEULABOH-UTU|Pusat Kuliah Kerja Nyata dan Pemagangan Universitas Teuku Umar melakukan sosialisasi Magang di Lingkup Universitas Teuku Umar. Kegiatan yang dilakukan secara daring dan luring tersebut dibuka secara langsung oleh Rektor Universitas Teuku Umar, Prof. Dr. Jasman J. Ma’ruf, SE, MBA, Minggu 26/06/2021.

Rektor UTU, Prof. Jasman menyampaikan bahwa magang menjadi sangat penting untuk dilaksanakan oleh mahasiswa, oleh sebab itu sejak awal semester genap 2020/2021 yang lalu sudah mulai mengirimkan mahasiswa magang ke berbagai perusahaan dan instansi pemerintah. Prof. Jasman menambahkan bahwa UTU akan mengirimkan sekitar 500 mahasiswa untu keluar mengikuti program magang dan program kampus mengajar yang telah dicanangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

“Kita berharap dari UTU setidaknya ada sekitar 500 mahasiswa UTU harus keluar untuk mengikuti magang kampus merdeka. Nah kita berharap agar para mahasiswa untuk mengambil kesempatan emas tersebut. Saya menghimbau kepada adek-adek mahasiswa-mahasiswa UTU yang sudah menyelesaikan sebanyak 90 SKS di Program Studinya masing-masing maka dapat mengajukan diri sebagai peserta magang pada semester depan ini. Ini penting disampaikan bahwa dengan adanya magang ini lebih mengembangkan diri,”ungakapnya.
Sementara itu Korpus KKN dan Magang UTU, Teungku Nih Farisni, SKM, M.Kes menyebutkan bahwa magang perlu dilakukan adalah dalam rangka menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja dan kemajuan teknologi yang pesat sehingga dituntut mahasiswa untuk punya kompetensi dan siap turun ke dunia kerja.

Baca Juga :  FHUI Bina Fasilitator Sekolah Masjid Terminal Depok Untuk Peka Akan Kesehatan Mental Anak

“Selain itu, UTU juga melaksanakan kegiatan ini adalah dalam rangka tuntutan untuk melaksanakan dan merancang program proses pembelajaran yang inovatif berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2020 dimana mahasiswa didorong untuk mengikuti 8 aktivitas di kampus merdeka salah satunya adalah pelaksanaan magang mahasiswa. Untuk apa kita melakukan program magang 1-2 semester? adalah untuk mendapatkan mahasiswa yang memiliki hard skill dan soft skill dimana itu sangat dibutuhkan di dalam dunia kerja nantinya,”pungkasnya.

Adapun Persyaratan Magang adalah:

  1. Mahasiswa Aktif
  2. Memiliki jumlah SKS minimal 90 SKS dan lulus pada setiap mata kuliah dibuktikan dengan KRS berjalan dan transkrip nilai
  3. Menginput mata kuliah magang dalam KRS online pada portal SIAKAD UTU
  4. Mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh penyelenggara magang
  5. Pendaftaran magang dilakukan secara online melalui pusatkkn.utu.ac.id sesuai dengan jadwal waktu yang telah diatur dan ditetapkan.
  6. Melengkapi berkas magang seperti, transkrip nilai, surat izin orang tua, surat rekomendasi dari Prodi.
Baca Juga :  RAKORDA LLDIKTI WILAYAH III JAKARTA: IMPLEMENTASI KEBIJAKAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA DALAM REKA CIPTA PEMULIHAN PANDEMI COVID-19
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
446 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x