Rektor UNEJ: Budaya Tertib Data Beserta Daya Dukung Harus Ditingkatkan!

Jember, 6 Maret 2024 – Rektor Universitas Jember meminta semua unit kerja meningkatkan budaya tertib data, lengkap beserta daya dukungnya. Pasalnya pelaporan pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang sudah ditargetkan oleh Ditjen DIKTI Kemendikbud saat ini wajib dilengkapi data dukung yang sesuai. Penyediaan data yang tertib, lengkap dengan data dukung menjadi nyawa bagi sebuah lembaga. Arahan ini disampaikan oleh Iwan Taruna saat membuka kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bertema Peningkatan Capaian Indikator Kinerja Utama Melalui Aplikasi PINDAI DIKTI di aula lantai II gedung rektorat (4-6/3).

Iwan Taruna lantas mengingatkan hadirin yang terdiri dari koordinator IKU dan peserta lain, pentingnya data pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yang valid guna mengetahui kondisi terkini lembaga. Pasalnya dari data yang sudah dikumpulkan maka kita dapat melakukan perbaikan diri. Semisal jika data sebuah IKU menunjukkan belum memenuhi target, maka seharusnya unit kerja segera melakukan pembenahan. Oleh karena itu perlu ada sinergi yang baik antar semua unit kerja dengan operator dan koordinator IKU guna menjamin target IKU Universitas Jember tercapai.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Kunjungi KEP IPB University di Malang

“Saya juga berharap kawan-kawan di UPA TIK secara bertahap menyiapkan aplikasi yang bisa memudahkan pengisian data IKU, lengkap beserta data dukungnya untuk memudahkan pelaporan IKU. Sementara bagi masing-masing unit kerja harus disiplin secara teratur mengisikan data beserta data dukungnya sebab nanti pasti ada reward dan punishment,” Tegas Iwan Taruna.

Sebelumnya dalam laporannya, Wakil Rektor IV, Prof. Bambang Kuswandi menjelaskan selama tiga hari pelaksanaan kegiatan FGD, para peserta akan melaporkan pencapaian di masing-masing IKU, memperbaiki data sekaligus memaksimalkan data yang mungkin belum masuk, agar dapat direkapitulasi sebagai capaian IKU Universitas Jember  dalam aplikasi PINDAI DIKTI di tahun 2023.

Biro Perencanaan, kerja Sama dan Layanan Informasi sebagai penyelenggara kegiatan juga mengundang pemateri dari PDDIKTI secara daring untuk mengetahui kondisi perkembangan pelaporan IKU Universitas Jember, sekaligus berdiskusi dan menambah masukan guna penyempurnaan pelaporan IKU di tahun 2024. (iim)

Baca Juga :  MediTwin, Sistem Penanganan Medis Berbasis Metaverse Gagasan Mahasiswa ITS
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 1.00 out of 5)
Loading...
627 Views