Kompetisi Sobat Bumi 2020 Pertamina – FMIPA UI Masuki Babak Seleksi Tingkat Nasional

Kompetisi Sobat Bumi (KSB) 2020 Kategori Teori Sains yang terselenggara berkat kolaborasi PT Pertamina (Persero) dan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI), kini telah memasuki babak Seleksi Tingkat Nasional atau babak semifinal. Sebanyak 68 peserta dari empat bidang ilmu, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi, mengikuti seleksi tingkat nasional, yang berlangsung pada Selasa (8/12). Mereka berhasil unggul dari 12.747 mahasiswa pada babak penyisihan.

Kegiatan Seleksi Tingkat Nasional KSB 2020 Kategori Teori Sains digelar secara daring maupun langsung dari Gedung Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI-PT. Pertamina, Kampus UI, Depok, dan dari 26 perguruan tinggi mitra KSB 2020 se-Indonesia secara serentak pada hari ini, pukul 08.00 WIB, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Di hari yang sama, pada pukul 16.30 WIB, PT. Pertamina Persero – FMIPA UI langsung mengumumkan para peserta yang berhasil maju ke babak final.

Dalam sambutannya, Dian Hapsari selaku Manager Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina (persero) menyampaikan, “Para finalis babak semifinal ini telah berhasil menyisihkan lebih dari 12.000 peserta lainnya dari seluruh Indonesia pada tahap seleksi tingkat provinsi. Ini merupakan prestasi luar biasa. Kami mengapresiasi dan berbangga pada seluruh peserta baik di tingkat provinsi maupun yang berhasil masuk ke babak semifinal ini karena telah memanfaatkan kesempatan dan wadah berkompetisi yang diberikan PT. Pertamina secara optimal.”

Baca Juga :  Unsyiah Gelar Webinar Dunia Keperawatan

Pejabat Dekan FMIPA UI, Dr. Rokhmatuloh, M. Eng., menuturkan, “Pada Seleksi Tingkat Nasional ini kompetensi peserta menuju babak final lebih teruji dan persaingan antar peserta semakin kompetitif, tantangan yang dihadapi para pesertapun semakin besar melalui penyelesaian soal-soal yang bersifat analitik.” Ia juga mengatakan bahwa bagi peserta yang belum lolos ke babak final, jangan berkecil hati karena peluang untuk membuktikan kompetensi di bidang sains masih terbuka lebar di kesempatan yang lain.

Ketua pelaksana KSB 2020 Kategori Teori Sains, Prof. Dr. Yoki Yulizar, yang juga merupakan Guru Besar FMIPA UI, mengutarakan, “Hasil babak penyisihan di tingkat provinsi pada tanggal 11-12 November lalu telah menghasilkan 10 finalis dengan nilai terbaik di masing-masing region serta 7 finalis dengan nilai terbaik secara nasional. Sehingga setiap bidang Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, memiliki 17 finalis, dengan total secara keseluruhan adalah 68 finalis yang ikut serta dalam babak semifinal.”

Baca Juga :  Unsyiah Usulkan Aceh Segera Isolasi Terbatas

Prof. Yoki melanjutkan, rangkaian kegiatan Babak Semifinal itu sendiri telah dimulai dengan mengunduh dan mengerjakan soal open-ended dalam bentuk makalah pada tanggal 1 Desember 2020, mengunggah hasil makalah tersebut pada tanggal 6 Desember 2020, mengerjakan soal-soal esai secara offline dan serentak di perguruan tinggi mitra KSB 2020 tempat peserta Seleksi Provinsi berasal, atau di universitas mitra KSB 2020 yang terdekat dengan tempat tinggal peserta pada tanggal 8 Desember 2020, hingga ujian di babak final pada tanggal 10 Desember 2020 bagi 8 finalis dari masing-masing bidang yang dinyatakan lolos.

Setelah sukses menyelenggarakan Kompetisi Sains Nasional yang dikemas dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina sembilan kali berturut-turut, Pertamina dan FMIPA UI kembali berkolaborasi menyelenggarakan KSB 2020. KSB 2020 merupakan ajang kompetisi ilmiah yang bertujuan untuk memfasilitasi generasi muda khususnya mahasiswa Indonesia dalam mengeksplorasi daya pikir/logikanya dalam menampilkan inovasi sebagai solusi pemecahan masalah tidak saja dalam lingkup kebutuhan korporat, bangsa, namun juga dalam tataran globalisasi, khususnya di masa pandemi COVID-19 ini. Sebelumnya, pada November 2020 yang lalu, telah dilaksanakan babak penyisihan tingkat provinsi dengan menggunakan sistem Computer Based Test (CBT).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
710 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x