Gandeng 18 UMKM, DKV ITS Geber Pameran Promosi

Beberapa karya yang ditampilkan dalam Pameran DKV Promosi Exhibition di gedung Departemen DKV ITS
Beberapa karya yang ditampilkan dalam Pameran DKV Promosi Exhibition di gedung Departemen DKV ITS

Kampus ITS, ITS News – Mahasiswa Departemen Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) terkenal dengan ide-ide kreatifnya. Melalui pameran bertajuk DKV Promosi Exhibition, mahasiswa mata kuliah Promosi semester empat memamerkan karya-karya yang mempromosikan 18 Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Jawa Timur di gedung Departemen DKV ITS, Selasa (7/6).

Koordinator Pameran DKV Promosi Exhibition, Srilendra Agung Ikramawardhana menjelaskan bahwa pameran ini merupakan sebuah tradisi menjelang akhir semester untuk mata kuliah Promosi. Selain untuk memamerkan hasil karya kepada masyarakat umum dan mempromosikan UMKM yang menjadi mitra, pameran ini sekaligus sebagai bentuk pemenuhan kewajiban mata kuliah.

Mawar, sapaan akrabnya, menyebutkan jumlah mahasiswa yang terlibat dalam persiapan maupun pelaksanaan pameran ini adalah 80 orang. Mereka terbagi menjadi 18 kelompok yang masing-masing memiliki satu mitra UMKM. Masing-masing kelompok menyiapkan stan pameran yang memiliki hiasan menarik dan mencirikan produk UMKM yang dipromosikan. Mereka juga menayangkan video iklan, website, katalog, brosur, hingga filter Instagram dan contoh produk.

Baca Juga :  IPB University Dipercaya Kemendikbudristek Jadi Pengelola Manajemen Matching Fund Kedai Reka 2022
Koordinator Pameran, Srilendra Agung Ikramawardhana (dua dari kanan) bersama kelompoknya di depan stan UMKM furnitur Robries
Koordinator Pameran, Srilendra Agung Ikramawardhana (dua dari kanan) bersama kelompoknya di depan stan UMKM furnitur Robries

Salah satu UMKM yang dilibatkan dalam pameran ini adalah Robries, yaitu UMKM milik alumni DKV ITS yang bergerak di bidang furnitur. Mawar yang juga menjadi salah satu anggota kelompok ini menjelaskan bahwa kelompoknya memilih Robries karena tertarik dengan bahan baku furnitur yang mereka pakai. “Walaupun bahan bakunya plastik, furnitur ini lebih kuat daripada keramik,” klaim mahasiswa angkatan 2020 itu.

Penjelasan mengenai pemilihan UMKM sebagai objek mata kuliah turut dijelaskan oleh Naufan Noordyanto SSn MS. Naufan beserta empat dosen pengampu Mata Kuliah Promosi merasa UMKM memiliki kesulitan setelah masa pandemi. Selain itu, kendala biaya desain dan kurangnya pengetahuan mengenai strategi kreatif media promosi menjadi alasan mengapa UMKM dipilih.

Sehingga para mahasiswa DKV semester empat ini diharapkan mampu membantu UMKM dengan desain yang mereka buat. “Ini sekaligus sebagai simulasi pembuatan promosi dengan data yang berasal dari lapangan,” tuturnya.

Lebih lanjut, menurutnya, pemilihan UMKM sebagai objek pameran ini bertujuan untuk menyelaraskan langkah dengan visi misi ITS dalam pengabdian masyarakat. Hal ini dirancang dan disepakati bersama oleh lima dosen pengampu Mata Kuliah Promosi. Mereka adalah Rabendra Yudistira Alamin ST MDs, Andita Wibyasti Sari Putri ST MDs, Didit Prasetyo ST MT, Octaviyanti Dwi Wahyurini ST MAppDesArt PhD, dan Naufan Noordyanto SSn MSn. “Kami berusaha menyelaraskan arah studi dengan misi ITS dalam penelitian dan pengabdian,” tegas Naufan. (HUMAS ITS)

Baca Juga :  Vokasi UI Gandeng Bursa Efek Indonesia dan Indopremier Sekuritas Gelar “Independence Capital Market Competition 2020”
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
58 Views