FKM UI dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia DKI Jakarta Susun PARC-19 Sebagai Strategi Perang Total Hadapi COVID-19

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) bersama Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) DKI Jakarta, bekerja sama menyusun dokumen perencanaan dan evaluasi untuk kegiatan Perang Akar Rumput COVID-19 (PARC-19).

PARC-19 merupakan strategi perang total yang melibatkan semua elemen masyarakat untuk memastikan masyarakat itu sendiri tetap sehat dan dapat bertahan hidup dalam situasi pandemi.

“Dalam strategi ini, aksi-aksi berbasis komunitas berbasis masyarakat sangat dikedepankan. Untuk itu, diperlukan upaya-upaya pemberdayaan kapasitas, agar masyarakat dapat menjalankan aksi-aksi tersebut, terutama pada kelompok masyarakat urban poor. Kelompok masyarakat urban poor adalah kelompok masyarakat yang tinggal di daerah lingkungan yang miskin dan padat penduduk,” ujar Dr. Kemal N. Siregar, Ketua Tim Penyusun PARC-19, yang juga merupakan Dosen FKM UI.

Menurut Kemal N. Siregar, salah satu bentuk upaya pemberdayaan kapasitas adalah dengan melakukan kegiatan edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan kegiatan sanitasi lingkungan. Kegiatan PHBS bertujuan agar masyarakat memiliki pengetahuan yang benar tentang virus COVID-19 dan memastikan masyarakat menerapkan protokol kesehatan secara benar, yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan, memakai sabun, dan tetap tinggal di rumah untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga :  TANGBUJE: Inovasi Digital Marketing Ciptaan Mahasiswa UNAIR untuk Bantu Komunitas Garam Madura

Kegiatan sanitasi lingkungan terutama ditujukan untuk memusnahkan sumber atau media penyebaran virus COVID-19 di lingkungan sekitar dengan melakukan penyemprotan cairan disinfektan, menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, serta pemantauan secara rutin agar tidak timbul kasus baru.

Dr. Kemal menambahkan, “Pemberdayaan langsung dengan cara terjun langsung ke kelompok urban poor sangat penting dalam menghadapi pandemi. Kelompok masyarakat ini sangat rentan, karena memiliki tingkat awareness yang sangat kurang terkait pandemi, sehingga diperlukan dukungan pemerintah dan seluruh elemen masyarakat untuk melakukan upaya aktif dan komprehensif untuk membantu kelompok ini dapat bertahan di tengah pandemi,” ujarnya.

Konsep Perang Akar Rumput (PARC-19) telah disosialisasikan melalui kegiatan advokasi ke berbagai instansi dan pemegang kebijakan sejak Februari 2020. Dalam hal ini, IAKMI Jakarta telah aktif bekerja sama dengan berbagai pihak lainnya, diantaranya adalah FKM UI, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, FKM Universitas Muhammadiyah Jakarta, dan berbagai lembaga swadaya masyarakat lainnya untuk sama-sama melakukan intervensi di tingkat akar rumput.

Baca Juga :  INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA PRODI DIPLOMA TIGA KEBIDANAN MELAKSANAKAN KEGIATAN PENGABDIAN MASYARAKAT DALAM BENTUK BANTUAN SOSIAL BAGI MASYARAKAT TERDAMPAK COVID-19 DI KOTA BATAM TAHUN 2020

Dra. Amelita Lusia, M.Si. CPR

Kepala Biro Humas dan KIP UI

Media contact: Egia Etha Tarigan, S.Sos, MM (Media Relations UI, humas-ui@ui.ac.id; 08151500-0002)

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
1575 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x