FHUI Bina Fasilitator Sekolah Masjid Terminal Depok Untuk Peka Akan Kesehatan Mental Anak

Tim Pengabdian Masyarakat (Pengmas) Center of Health Law and Policy (CHLP) FHUI yang terdiri dari dosen dan mahasiswa menggandeng Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok dalam melaksanakan Pengabdian Masyarakat (pengmas) Aksi UI untuk Negeri, bertajuk “Peningkatan Kapasitas Fasilitator Sekolah Masjid Terminal (Master) Depok Terhadap Kesehatan Mental Anak”. Pelatihan tersebut dihadiri oleh 25 fasilitator sekolah Master Depok jenjang SD-SMA, pada Sabtu, 14 November 2020.

Menurut Ketua Tim Pengmas CHLP FHUI, Wahyu Andrianto, fasilitator adalah sosok terdekat dengan anak-anak di Sekolah Master. Menurutnya, dengan menambah pengetahuan fasilitator akan kesehatan mental, diharapkan mampu meningkatkan peran fasilitator dalam menjaga kesehatan mental anak-anak di Sekolah Master, yang secara tidak langsung akan memberikan pengaruh baik terhadap kualitas kehidupan mereka di masa depan.

Baca Juga :  Tes Swab Unsyiah Tersisa 3.000 Pemeriksaan Lagi

Wahyu melanjutkan bahwa pelaksanaan kegiatan ini didasari atas latar belakang para siswa di sekolah tersebut yang mayoritas berperan mencari nafkah untuk menopang ekonomi keluarga. Untuk itu, Wahyu dan tim berupaya memberikan materi penanganan, pengembangan dan penguatan karakter dan kesehatan mental anak. “Kesehatan mental ini perlu untuk ditingkatkan kualitasnya karena akan berdampak kepada kualitas kehidupan dan masa depan anak,” ujar Wahyu.

Tim Pengmas CHLP FHUI membagi kegiatan edukasi menjadi tiga bagian, pertama paparan dari pakar dr. Adhi Wibowo Nurhidayat, SP.KJ (K), MPH. Kedua, sharing session antara fasilitator sekolah Master Depok dengan pembicara mengenai gambaran kesehatan mental anak-anak di Sekolah Master Depok. Ketiga, Focus Group Discussion, yang bertujuan untuk memecahkan masalah dan memberikan solusi atas permasalahan yang tengah menerpa di sekolah Master Depok. Pada kesempatan tersebut, peserta juga diminta menjelaskan kembali perihal urgensi kesehatan mental anak setelah mendapatkan materi dari pembicara.

Baca Juga :  Satu-satunya di Indonesia, Program Studi Magister Manajemen Integritas Material FTUI

Tim Pengmas Tim Pengmas CHLP FHUI berharap, kegiatan peningkatan kapasitas fasilitator dan wali dapat meningkatkan kesehatan mental anak, sehingga permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah Master Depok dapat berkurang bahkan dapat teratasi seiring berjalannya waktu.

Sekolah Master Depok merupakan sekolah gratis di bawah naungan Yayasan Bina Insan Mandiri (YABIM), yang diperuntukkan bagi anak-anak Dhuafa di sekitar terminal Depok. Sekolah Master terdiri atas sekolah taman kanak-kanak (TK); tingkat dasar (SD), menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
405 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x