Empat Mahasiswa Universitas Tanjungpura Menerima Beasiswa IISMA, Menyukseskan Kampus Merdeka

Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) atau Beasiswa Mobilitas Internasional Mahasiswa Indonesia merupakan salah satu program Direktorat Belmawa yang membuka kesempatan bagi mahasiswa S1 dari perguruan tinggi di Indonesia untuk mengikuti proses pembelajaran di perguruan tinggi terkemuka di dunia untuk memperkaya dan meningkatkan wawasan serta kompetensinya di dunia nyata sesuai dengan minat dan cita-citanya. Selama belajar 1 semester di perguruan tinggi mitra luar negeri, mahasiswa akan mengambil 3-4 mata kuliah dari 10 mata kuliah yang ditawarkan perguruan tinggi mitra luar negeri dan berkuliah bersama mahasiswa asing lainnya di dalam kelas yang sama.
Kepmen Nomor 74/P/2021 memberikan jaminan pengakuan 20 SKS untuk kegiatan pembelajaran di program kampus merdeka. Kegiatan mahasiswa selama satu semester di perguruan tinggi mitra internasional akan mendapatkan pengakuan setara maksimal 20 sks di perguruan tinggi asal mahasiswa di Indonesia.

Baca Juga :  Abdi Karya ITS Rancang Instalasi Pengolahan Limbah Laundry Berbasis 3R

Mahasiswa yang mengikuti program IISMA tidak boleh mengambil program MBKM Kemendikbud dalam waktu yang bersamaan (tidak double funding). Mahasiswa bidik misi diijinkan untuk mengikuti program IISMA di perguruan tinggi mitra luar negeri dengan syarat beasiswa bidik misinya akan dihentikan sementara.

Sebagai persyaratan, mahasiswa yang dapat mengikuti IISMA adalah mahasiswa yang terdaftar pada semester 4 sampai dengan 7 pada perguruan tinggi di bawah Kemendikbud dan PTS di wilayah LLDIKTI. Selain itu, mahasiswa juga harus memenuhi persyaratan kemahiran Bahasa Inggris serta rekomendasi dari pimpinan perguruan tinggi asal. Pelaksanaan IISMA dilaksanakan secara luring di perguruan tinggi mitra luar negeri, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat, termasuk melaksanakan karantina selama 10-14 hari di negara tujuan.
Universitas Tanjungpura menominasikan 10 mahasiswa terbaik untuk mengikuti selesai berkas dan wawancara pada tanggal 23-35 Mei 2021. Peserta yang mendaftar dalam program ini adalah lebih dari 2500 orang dan lolos administrasi sejumlah 2000 orang. Dalam proses seleksi wawancara teerhadap 2000 peserta, terpilih 1000 orang penerima beasiswa dan 4 orang diantaranya adalah dari Universitas Tanjungpura. Awardees dari Universitas Tanjungpura adalah:

  1. Caren Riady (International Relations, Faculty of Social Science and Political Science) to Korea University, South Korea.
  2. Sophia C. Anastasia (Law Science, Faculty of Law) to Hochschule Hannover, Germany.
  3. Yosef N. B. Lubis (Chemistry, Faculty of Mathematics and Natural Sciences) to University of Padua, Italy.
  4. Feliani (English Language Education, Faculty of Teachers Training and Education) to University of Padua, Italy.
Baca Juga :  Alumnus Muda IPB University Ini Melihat Potensi Dunia Digital Masa Depan
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.75 out of 5)
Loading...
647 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x