Dukung UMKM, Mahasiswa IPB University Juara 3 Business Plan Competition 2021

Jumlah pengusaha di Indonesia memang masih sedikit. Tapi tidak menutup kemungkinan bahwa masih banyak pemuda Indonesia yang bercita-cita ingin menjadi pengusaha. Pemahaman inilah yang membawa Rio Kevin, mahasiswa Sekolah Bisnis IPB University mengikuti kompetisi Management Days Business Plan Competition 2021. Rio berhasil meraih Juara Tiga di kompetisi business plan tersebut.

Untuk meraih juara, Rio harus melewati beberapa tahapan lomba. Di tahap awal Rio harus menyerahkan Business Model Canvas, tahap semi final berupa seleksi proposal dan tahap final berupa presentasi.  “Persiapan lomba dimulai sejak September 2020. Saya dengan tim mahasiswa lain dari IPB University sebelumnya telah mengikuti kompetisi serupa dan workshop. Workshop tersebut membantu saya berdiskusi ide bisnis yang relevan serta adaptif. Bersama dosen IPB University atau mentor, beberapa kali saya diberi masukan mengenai ide bisnis dan sering latihan presentasi. Perspektif dan tanggapan dari dosen tersebut yang membuat persiapan saya lebih matang,” paparnya.

Baca Juga :  IPB University Kaji UUCK dan Implikasinya pada Sistem Logistik Perikanan

Dalam lomba ini Rio mengajukan Prototype Re-sell. Yakni lokapasar bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) berbasis pada konsep digital business ecosystem. Re-sell dibentuk untuk menaikkan potensi nilai UMKM. Re-sell diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan perekonomian Indonesia, sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor delapan.

“Untuk mengetahui faktor internal dan eksternal, kami analisis dengan metode Strength, Weaknesses, Opportunities dan Threats (SWOT),” ujarnya.
Hambatan yang dihadapinya selama mengikuti kompetisi tersebut adalah koneksi jaringan internet yang kurang stabil. “Tidak jarang adanya miskomunikasi dengan dewan juri saat presentasi secara virtual.  Di balik hambatan itu, saya bisa menjawab pertanyaan juri dengan baik,” tuturnya.

Tak berhenti di kompetisi ini, Rio juga memenangkan peringkat pertama di kompetisi business plan serupa bersama anggota tim yang lain. (**/Zul)

Baca Juga :  Unpad Masuk 9 Perguruan Tinggi Indonesia Terbaik Versi THE Asia University Rankings 2021

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
116 Views

Terimakasih telah mengunjungi laman Dikti, silahkan mengisi survei di bawah untuk meningkatkan kinerja kami

Berikan penilaian sesuai kriteria berikut :

  • 1 = Sangat Kurang
  • 2 = Kurang
  • 3 = Cukup
  • 4 = Baik
  • 5 = Sangat Baik
x