Dua Ahli Patologi Veteriner USA Berbagi Ilmu di FKKH Undana

Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Universitas Nusa Cendana (Undana) menerima kedatangan tami dari Amerika Serikat (USA). Keduanya adalah ahli pada bidang patologi veteriner, yaitu Prof. Corrie Brown dan Dr. Tanja Zabka dari Global Health Pathology Network (GHPN). Kedatangan kedua ahli ini didukung oleh organisasi non-profit LifestockInt’l  https://lifestock.org dan Davis-Thomson Foundation https://davisthompsonfoundation.org. Prof. Corrie dan Dr. Tanja telah berbagi ilmu di Undana sejak tanggal 14 hingga 24 Mei 2022 lalu.

Kunjungan keduanya disambut oleh Rektor Undana, Dr. drh. Maxs U. E. Sanam , M. Sc didampingi Wakil Rektor Bidang Kerja Sama, Ir. I Wayan Mudita, M. Sc., Ph. D dan Kepala International Relation Office, Dr. Maria Lobo, M. Math di ruang kerja Rektor Undana, Selasa (17/5/2022).

Rektor dalam sambutannya menyambut baik kedatangan Prof. Brown dan Dr. Zabka. Sebelumnya, jelas Dr. Maxs, Undana juga menerima kunjungan dosen asing. Namun, lanjut dia akibat pandemi Covid-19, Undana belum banyak menerima kunjungan dosen asing. Padahal, melalui momentum program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), kunjungan-kunjungan dosen maupun mahasiswa asing harus ditingkatkan.  “Kesempatan ini merupakan kali kedua Undana menerima tenaga ahli asing setelah pandemi Covid-19,” tuturnya.

Baca Juga :  Pilmapres Undana, Mahasiswa FEB Axl Lubalu Raih Juara Satu
Dua ahli Patologi Veteriner, Prof. Corrie Brown dan Dr. Tanja Zabka diterima Dekan FKKH, Dr. Christina Ola Lada, M. Gizi beserta jajarannya dan staf di Dekanat FKKH Undana beberapa waktu lalu.
 

Dekan FKKH Undana, Dr. dr. Christina Lada, M.Gizi menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan Prof. Brown dan Dr. Zabka untuk hadir di Undana guna berbagi ilmu dengan civitas akademika, khususnya FKKH Undana. Ia menjelaskan, di sela-sela kunjungan ini, Prof. Brown dan Dr. Zabka juga menginisiasi terbentuknya simpul ahli patologi veteriner di Indonesia, yang nantinya menjadi bagian dari jejaring ahli patologi yang sedang dibangun. Nantinya akan ada pertemuan/seminar rutin untuk saling meningkatkan kapasitas anggotanya. Untuk mendukung hal itu, Professor Brown menghibahkan satu unit kamera mikroskop yang bisa diintegrasikan dalam teleconference. Kegiatan ini di dukung sepenuhnya oleh Global Health Pathology Network – yang beralamat http://ghpn.cldavis.org – yang diketuai oleh Dr. Zabka.

Penanggung jawab acara, drh. Putri Pandarangga, MS, Ph. D mengungkapkan bahwa semua kegiatan itu terselenggara berkat jejaring internasional yang terpelihara baik. Ia berharap mudah-mudahan kegiatan serupa akan banyak tercipta bagi Undana di masa-masa mendatang.

Baca Juga :  Wow! 2 Dosen IPB University Masuk dalam Top 100 Ilmuwan Indonesia Bidang Bisnis dan Manajemen

Untuk diketahui, agenda kedatangan keduanya cukup padat, diantaranya berupa serangkaian seminar dan workshop dalam rangka peningkatan kapasitas dosen Undana dan dokter hewan Indonesia. Kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan adalah Workshop on Adult Learning (2 hari) dan Workshop on Scientific Writing selama sehari untuk para dosen Undana. Agenda lain yaitu Training of Trainers: Wildlife Necropsy selama sehari yang digelar secara luring untuk dosen dan dokter hewan di NTT. Sementara itu kegiatan terakhir adalah Workshop on Diseases of Local Livestock selama dua hari, yang digelar secara hybrid dan diikuti secara luring oleh dokter hewan, dosen, dan mahasiswa kedokteran hewan Undana serta para praktisi dan peneliti dari berbagai belahan dunia secara daring. Adapun penyakit yang dibahas adalah penyakit yang sedang merebak di Indonesia yaitu African Swine Fever, Penyakit Mulut dan Kuku, dan Lumpy Skin Disease. Kegiatan-kegiatan tersebut mendapat dukungan kuat dari FKKH. (*rfl)

Tim Humas, Biro Perencanaan, Kerja Sama dan Humas,

Contact Person (CP): 0813 4331 7070

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
974 Views